07/2019 Juli, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-2, RENUNGAN, TOGA

ABOUT GIVING ALMS

God gives us things to share; God doesn’t give us things to hold

Mother Theresa

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya hari ini kita dapat mengerti isi hati dan pemikiran Allah dalam diri kita melalui Firman-Nya!

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Hal memberi sedekah

6:1 “Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.

6:2 Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

6:3 Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.

6:4 Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Matius 6:1-4

REFLECTION

  1. Apakah yang Yesus ajarkan kepada kita dalam melakukan kewajiban agama kita? (Ayat 1)
  2. Hal apakah yang dilarang Yesus sewaktu kita memberi? Mengapa? (Ayat 2)
  3. Bagaimanakah seharusnya sikap hati kita kita sewaktu memberi? Mengapa? (Ayat 3-4)

DEVOTION

Yesus mengajarkan kita untuk memiliki sikap hati yang murah hati untuk kita memberi. Seringkali kita memberi bukan dengan dorongan Roh Kudus melain- kan dengan dorongan jiwa kita sehingga kita ingin dipuji, dihargai dan dibalas sebagai ganti ketika kita memberi kepada orang lain. Roh Kudus ingin kita terus menjadi berkat lewat memberi. Bukan hanya uang yang dapat kita beri melainkan bisa juga waktu, tenaga, pertolongan, kesabaran dan masih banyak bentuk pemberian lain yang dapat kita berikan kepada orang untuk menjadi berkat. Allah rindu kita memberi dengan segenap hati dengan tuntunan Roh Kudus yang ada di dalam kita. Ketika kita memberi dengan segenap kemurah- an hati, ada suatu berkat yang Allah berikan di alam yang tidak terlihat, inilah yang Yesus katakan dengan “upah di tempat yang tersembunyi”. Ketika kita memberi dengan segenap hati untuk memberkati orang lain, Allah telah menyiapkan upah balasan yang terbaik di alam roh bagi kita. Upah balasan di alam roh akan diberikan ke dunia yang nyata pada saat yang tepat bagi kita. Ingat, Allah yang membalasnya untuk kita, sehingga pastilah upah balasan dari Allah adalah yang terbaik bagi kita! Orang yang hidup dipimpin oleh Roh akan mampu memberi dengan kemurahan hati sehingga ia juga akan meneri- ma berkat dari Tuhan!

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu suara Roh Tuhan yang berbicara kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Lakukanlah pemberian kepada orang lain berdasarkan tuntunan Roh Tuhan yang ada di dalam kamu meskipun sulit rasanya, percayalah dengan iman bahwa Allah akan membalas kepadamu apa yang terbaik bagimu!

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Ceritakanlah insight yang kamu dapatkan hari ini kepada teman kompakmu dan memberilah sesuai dengan tuntunan Roh Kudus!

Author


Avatar