12/2019 Desember, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

BERGUNA DI MATA TUHAN

Perumpamaan tentang dirham yang hilang

15:8 “Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?

15:9 Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.

15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.”

Lukas 15:8-10

Masih dalam pasal yang sama, Yesus menggambarkan bagaimana seorang perempuan yang kehilangan satu dirham (mata uang waktu itu), dari sepuluh dirham yang ia punya. Ia kemudian mencari satu dirham itu sampai ia mendapatkannya.

Kadang kita tidak memperhatikan uang yang sedikit ketika kita memiliki cukup uang karena uang yang sedikit kurang berguna. Tetapi melalui perumpamaan ini Yesus menggambarkan bahwa Tuhan menghargai setiap kita, setiap kemampuan kita. Setiap kita diciptakan berguna bagi Kerajaan Allah.

Uang seribu rupiah tetap memiliki nilai dan kegunaan senilai seribu rupiah sekalipun uang itu kotor, kumal, basah dan kondisi lainnya. Demikian pula setiap kita memiliki nilai dan berguna bagi Kerajaan-Nya. Izinkan Roh Kudus menemukan karunia yang sudah Tuhan berikan di dalam diri saudara. Izinkan Dia mengembangkan semua karunia itu.

Jangan percaya kalau ada orang di sekeliling saudara yang berkata saudara tidak ataupun kurang berguna. Tuhan menaruh “talenta” ataupun kemampuan yang berbeda yang mungkin orang ataupun saudara tidak sadari. Temukan, kembangkan bersama Roh-Nya yang ada di dalam saudara.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah yang dilakukan perempuan dalam perempuan ketika mencari uangnya?
    2. Apakah yang dilakukan oleh dia setelah ia menemukannya?
    3. Apakah satu dinar itu lebih berharga dari dinar yang lain? Mengapa ia begitu bersuka cita menemukan satu yang hilang tersebut?
    1. Apakah saudara selama ini merasa berguna bagi sekeliling saudara, dan lebih lagi bagi Kerajaan Allah?
    2. Apakah yang membuat saudara berpikir demikian? Apakah saudara merasa sama berharga dengan teman komunitas saudara? Mengapa saudara berpikir demikian?
    3. Datanglah kepada Bapa dengan penuh keintiman! Bertanyalah tentang apa yang sesungguhnya Bapa inginkan untuk saudara lakukan bagi Kerajaan Allah! Terimalah isi hati-Nya bagi saudara!
    1. Hal apa yang ingin saudara lakukan untuk menemukan dan mengembangkan karunia saudara?
    2. Bagikan pengalaman saudara dalam menemukan dan mengembangkan karunia kepada keluarga, kompak dan komunitas.
    3. Ajaklah keluarga, kompak dan komunitas saudara untuk datang kepada Tuhan dan merenungkan bersama kebenaran Firman hari ini dan berdoa, menyembah dan bersyukurlah secara bersama.

Topik Doa:

Panjatkan doa bagi persiapan perayaan natal di atas bangsa Indonesia.

Author


Avatar