06/2019 Juni, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-1, RENUNGAN, TOGA

BUILD YOUR SPIRITUAL LIFE (PART 1)

Your body will always be dead because of sin. But if Christ is in you, then the Spirit gives you life, because Christ made you right with God
(Romans 8:10 ERV)

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya hari ini kita dapat mengerti akan arti bertumbuh di dalam spirituality melalui Firman yang kita renungkan hari ini.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Hidup oleh Roh

8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

8:2 Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

8:3 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging,

8:4 supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.

8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

8:8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

8:10 Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.

8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

8:12 Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.

8:13 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.

8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Roma 8:1-17

REFLECTION

  1. Bagaimanakah caranya kita dipimpin oleh Roh? (Ayat 5)
  2. Apakah keinginan roh dan keinginan daging itu? (Ayat 6-9)
  3. Apakah yang akan terjadi pada orang yang dipimpin oleh daging dan roh? (Ayat 13)

DEVOTION

Membangun spirituality (manusia roh) adalah membiarkan diri kita dipimpin oleh Roh Allah. Semua orang yang dipimpin Roh Allah adalah Anak Allah. Kita harus terus menerus dipimpin oleh Roh sebab apabila kita tidak dipimpin oleh Roh maka daging (hawa nafsu) akan menguasai diri kita. Ketika hawa nafsu menguasai diri kita maka diri kita akan dibawa pada kehancuran dan kebinasaan. Cara satu-satunya untuk kita dipimpin oleh Roh adalah dengan membiarkan diri kita terus memikirkan hal-hal yang dari Roh. Hal-hal yang dari Roh adalah Firman Tuhan sendiri sehingga dapat dikatakan bahwa membangun spirituality atau manusia roh dapat dilakukan dari mengisi pikiran dan hati kita dengan Firman Allah. Apabila kita terus mengisi pikiran dan hati kita dengan Firman Allah maka kita sedang membiarkan diri kita dipimpin oleh Roh. Ketika kita membiarkan diri kita dipimpin oleh Roh maka Roh akan memberikan kehidupan dan memerdekakan kita dari dosa. Membangun manusia roh tidak dapat dilakukan tanpa mengisi pikiran dan hati kita dengan Firman Tuhan. Orang yang tidak mengisi pikiran dan hatinya dengan Firman akan dikuasai oleh daging dan orang yang dikuasai oleh daging tidak akan berkenan kepada Tuhan. Mulailah membiasakan diri kita untuk diisi oleh Firman sampai roh kita “kenyang” dengan Firman sehingga Firman menguasai diri kita sepenuhnya. Itulah artinya bertumbuh di dalam spirituality.

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu hal apakah yang Tuhan nyatakan kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Apa yang kamu masih terus mengisi pikiran dan hatimu dengan Firman Tuhan? Mengapa?

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Ceritakanlah insight yang kamu dapatkan hari ini dan buatlah komitmen kepada teman kompakmu untuk terus mengisi pikiran dengan Firman Tuhan!

Author


Avatar