06/2019 Juni, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-4, RENUNGAN, TOGA

DANIEL – BUILD OUR SPIRITUAL LIVE

When we have the Holy Spirit we have all that is needed to be all that God desires us to be

(Aiden Wilson Tozer)

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya kita menjadi sangat terbiasa dan peka untuk terus dipimp- in oleh Roh Allah di setiap hari-hari kita.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Di istana Babel

1:1 Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, ke Yerusalem, lalu mengepung kota itu.

1:2 Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, dan sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangannya. Semuanya itu dibawanya ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya; perkakas-perkakas itu dibawanya ke dalam perbendaharaan dewanya.

1:3 Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israel, yang berasal dari keturunan raja dan dari kaum bangsawan,

1:4 yakni orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja, supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim.

1:5 Dan raja menetapkan bagi mereka pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Mereka harus dididik selama tiga tahun, dan sesudah itu mereka harus bekerja pada raja.

1:6 Di antara mereka itu ada juga beberapa orang Yehuda, yakni Daniel, Hananya, Misael dan Azarya.

1:7 Pemimpin pegawai istana itu memberi nama lain kepada mereka: Daniel dinamainya Beltsazar, Hananya dinamainya Sadrakh, Misael dinamainya Mesakh dan Azarya dinamainya Abednego.

1:8 Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.

1:9 Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu;

1:10tetapi berkatalah pemimpin pegawai istana itu kepada Daniel: “Aku takut, kalau-kalau tuanku raja, yang telah menetapkan makanan dan minumanmu, berpendapat bahwa kamu kelihatan kurang sehat dari pada orang-orang muda lain yang sebaya dengan kamu, sehingga karena kamu aku dianggap bersalah oleh raja.”

1:11 Kemudian berkatalah Daniel kepada penjenang yang telah diangkat oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya:

1:12″ Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum;

1:13 sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu.”

1:14 Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari.

1:15 Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja.

1:16 Kemudian penjenang itu selalu mengambil makanan mereka dan anggur yang harus mereka minum, lalu memberikan sayur kepada mereka.

1:17 Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi.

1:18 Setelah lewat waktu yang ditetapkan raja, bahwa mereka sekalian harus dibawa menghadap, maka dibawalah mereka oleh pemimpin pegawai istana itu ke hadapan Nebukadnezar.

1:19 Raja bercakap-cakap dengan mereka; dan di antara mereka sekalian itu tidak didapati yang setara dengan Daniel, Hananya, Misael dan Azarya; maka bekerjalah mereka itu pada raja.

1:20 Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya.

1:21 Daniel ada di sana sampai tahun pertama pemerintahan Koresh.

Daniel 1:1-21

REFLECTION

  1. Apa Daniel minta kepada pegawai istana dan bagaimana respon pegawai tersebut? (Ayat 8-9)
  2. Hal apa yang terjadi dengan Daniel dan kawan-kawannya? (Ayat 15, 18-20)

DEVOTION

Berbicara tentang growing in spirituality tidak akan luput untuk kita belajar membi- arkan diri kita terus menerus dipimpin oleh Roh Allah yang berdiam di dalam kita. Tetapi untuk memberi diri dipimpin oleh Roh setiap saatnya, kita butuh menyang- kal setiap keinginan jiwa yang kita miliki. Belajar dari kisah Daniel, bagaimana ia memilih untuk tidak menajiskan dirinya dengan makanan raja. Ia mengetahui bahwa makanan raja sudah didoakan dan dipersembahan kepada berhala-berhala, sehingga ia tidak mau menajiskan dirinya dengan hal tersebut. Daniel, Sadrakh, Mesakh dan Abednego menyingkirkan keinginan daging mereka dan mengikuti Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh. Kesungguhan inilah yang membuat Allah mengaruniakan kasih dan sayang dari pemimpin istana kepada mereka, bahkan didapati bahwa tidak ada yang setara dengan mereka karena mereka sepuluh kali lebih cerdas dari pada orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaan. Ketika kita sungguh-sungguh membiarkan diri dipimpin oleh Roh setiap saatnya, kita pasti akan menjadi pribadi yang berbeda dan orang lain akan menyadari hal ini bahkan memberikan kita kasih dan sayang. Tetapi untuk bersungguh-sungguh membangun manusia Roh, kita perlu mematikan dan menyingkirkan keingi- nan-keinginan daging kita dan turut dengan Firman saja yang memimpin hidup kita. Kita tidak bisa lagi dipimpin oleh pikiran dan perasaan kita. Akan sangat tidak nyaman karena perlu melepas banya sekali ego, tetapi biarlah kita menjadi rela untuk menyangkal diri dan memikul Salib setiap saatnya karena kita telah menyadari betapa besarnya, lebarnya, tingginya dan dalamnya kasih Tuhan terha- dap hidup kita. Berjalanlah dengan mata yang tertuju kepada Kristus setiap saatn- ya, sehingga kita jadi terbiasa untuk terus dipimpin oleh Roh Allah di dalam kita!

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu hal apakah yang Tuhan nyatakan kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Apakah kamu telah terbiasa membangun manusia Rohmu setiap harinya? Ceritakanlah!

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Ceritakanlah insight yang kamu dapatkan hari ini kepada teman komunitas sepakatmu!

Author


Avatar