06/2019 Juni, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-4, RENUNGAN, TOGA

DAVID – FACING YOUR GIANT

You face giants by facing God first. Focus on giants, you stumble. Focus on God, your giants stumble

(Max Lucado)

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya kita terus membangun diri yang kuat Roh, sehingga kita kuat untuk menghadapi “raksasa-raksasa” yang ada di dalam hidup kita.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Perkelahian Daud dengan Goliat

17:40 Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang Filistin itu.

17:41 Orang Filistin itu kian dekat menghampiri Daud dan di depannya orang yang membawa perisainya.

17:42 Ketika orang Filistin itu menujukan pandangnya ke arah Daud serta melihat dia, dihinanya Daud itu karena ia masih muda, kemerah-merahan dan elok parasnya.

17:43 Orang Filistin itu berkata kepada Daud: “Anjingkah aku, maka engkau mendatangi aku dengan tongkat?” Lalu demi para allahnya orang Filistin itu mengutuki Daud.

17:44 Pula orang Filistin itu berkata kepada Daud: “Hadapilah aku, maka aku akan memberikan dagingmu kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang di padang.”

17:45 Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu.

17:46 Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah,

17:47 dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.”

17:48 Ketika orang Filistin itu bergerak maju untuk menemui Daud, maka segeralah Daud berlari ke barisan musuh untuk menemui orang Filistin itu;

17:49 lalu Daud memasukkan tangannya dalam kantungnya, diambilnyalah sebuah batu dari dalamnya, diumbannya, maka kenalah dahi orang Filistin itu, sehingga batu itu terbenam ke dalam dahinya, dan terjerumuslah ia dengan mukanya ke tanah.

17:50 Demikianlah Daud mengalahkan orang Filistin itu dengan umban dan batu; ia mengalahkan orang Filistin itu dan membunuhnya, tanpa pedang di tangan.

17:51 Daud berlari mendapatkan orang Filistin itu, lalu berdiri di sebelahnya; diambilnyalah pedangnya, dihunusnya dari sarungnya, lalu menghabisi dia. Dipancungnyalah kepalanya dengan pedang itu. Ketika orang-orang Filistin melihat, bahwa pahlawan mereka telah mati, maka larilah mereka.

17:52 Maka bangkitlah orang-orang Israel dan Yehuda, mereka bersorak-sorak lalu mengejar orang-orang Filistin sampai dekat Gat dan sampai pintu gerbang Ekron. Dan orang-orang yang terbunuh dari orang Filistin bergelimpangan di jalan ke Saaraim, sampai Gat dan sampai Ekron.

17:53 Kemudian pulanglah orang Israel dari pemburuan hebat atas orang Filistin, lalu menjarah perkemahan mereka.

17:54 Dan Daud mengambil kepala orang Filistin yang dipancungnya itu dan membawanya ke Yerusalem, tetapi senjata-senjata orang itu ditaruhnya dalam kemahnya.

17:55 Ketika Saul melihat Daud pergi menemui orang Filistin itu, berkatalah ia kepada Abner, panglima tentaranya: “Anak siapakah orang muda itu, Abner?” Jawab Abner: “Demi tuanku hidup, ya raja, sesungguhnya aku tidak tahu.”

17:56 Kemudian raja berkata: “Tanyakanlah, anak siapakah orang muda itu.”

17:57 Ketika Daud kembali sesudah mengalahkan orang Filistin itu, maka Abner memanggilnya dan membawanya menghadap Saul, sedang kepala orang Filistin itu masih ada di tangannya.

17:58 Kata Saul kepadanya: “Anak siapakah engkau, ya orang muda?” Jawab Daud: “Anak hamba tuanku, Isai, orang Betlehem itu.”

1 Samuel 17:40-58

REFLECTION

  1. Perkataan apa yang dikeluarkan oleh Goliat? (Ayat 42-44)
  2. Janji Tuhan apa yang Daud terima dan ia yakini? (Ayat 45-47)

DEVOTION

Ketika kita memberi hidup dipimpin oleh Roh, kita pasti akan berani untuk keluar dan menghadapi Goliat yang berada di depan kita. Sama seperti Daud, tidak ada rasa takut di dalam hatinya, ia maju menghadapi Goliat dengan begitu confident karena ia menyadari bahwa Tuhan menyertai bangsa Israel. Ketika ia melawan Goliat, bukan kuat gagah Daud yang sedang bekerja, tetapi Roh Allah yang ada di dalam Daud yang maju berperang. Sangat penting untuk kita terus membangun keintiman dan pengenalan kita dengan Tuhan, sehingga kita dapat terus menyadari bahwa ada Roh Allah yang besar yang berdiam di dalam kita. Roh yang sama yang berdiam di dalam Daud, juga telah berdiam di dalam kita. Oleh sebab itu, kita butuh untuk terus biarkan Roh yang mengambil alih sepenuhnya seluruh kehidupan kita. Kita tidak boleh membiarkan diri kita dipimpin oleh jiwa kita yang rusak karena dosa dan hanya boleh dipimpin sepenuhnya oleh Roh Allah yang ada di dalam kita, dengan demikian kita bukan hanya menjadi teladan iman untuk orang-orang di sekitar kita, tetapi kita juga dapat menaklukan Goliat yang ada di hidup kita. Goliat adalah setiap hal yang membuat kita menjadi tawar hati dan berhenti mempercayai Tuhan. Goliat apa yang ada di depan kita? Rasa takut terhadap masa depan? Rasa kecewa yang membuat pahit hati? Rasa amarah dengan orang-orang disekitar? Pikiran tidak kudus? Tuhan terlebih sanggup untuk mengalahkan seluruh Goliat kita, bagian kita adalah terus menerus memberikan diri untuk mengikuti pimpinan Roh-Nya yang berdiam di dalam kita. Persiapkanlah dirimu untuk keluar dan menghadapi Goliat, jangan takut dan jangan tawar hati karena ada Tuhan yang menyertai setiap langkah perjalananmu!

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu hal apakah yang Tuhan nyatakan kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Goliat apa yang menghalangi langkah perjalananmu? Ceritakanlah!

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Bersama dengan teman komselmu, saling ceritalah apa yang kamu mau lakukan untuk mengalahkan Goliat tersebut!

Author


Avatar