06/2019 Juni, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-4, RENUNGAN, TOGA

DAVID – GOD’S PROMISE FULFILLED

While all else may change, God’s promises remain firm

(Jimmy Carter)

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya Roh Kudus memenuhi kedalaman hati kita sehingga kita dapat terus menanti-nantikan Tuhan dan penggenapan janji-Nya untuk kita.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Daud menjadi raja atas seluruh Israel

5:1 Lalu datanglah segala suku Israel kepada Daud di Hebron dan berkata: “Ketahuilah, kami ini darah dagingmu.

5:2 Telah lama, ketika Saul memerintah atas kami, engkaulah yang memimpin segala gerakan orang Israel. Dan TUHAN telah berfirman kepadamu: Engkaulah yang harus menggembalakan umat-Ku Israel, dan engkaulah yang menjadi raja atas Israel.”

5:3 Maka datanglah semua tua-tua Israel menghadap raja di Hebron, lalu raja Daud mengadakan perjanjian dengan mereka di Hebron di hadapan TUHAN; kemudian mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel.

5:4 Daud berumur tiga puluh tahun, pada waktu ia menjadi raja; empat puluh tahun lamanya ia memerintah.

5:5 Di Hebron ia memerintah atas Yehuda tujuh tahun enam bulan, dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun atas seluruh Israel dan Yehuda.

2 Samuel 5:1-5

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Yakobus 1:12

REFLECTION

  1. Apa yang bangsa Israel katakan kepada Daud? (Ayat 1-2)
  2. Mengapa kita perlu berbahagia di dalam setiap pencobaan? (Yakobus 1:12)

DEVOTION

Tuhan adalah Allah yang tidak berhutang, ada “upah” yang Dia berikan ketika kita bersungguh hati terhadap-Nya. Daud tidak tiba-tiba menjadi raja atas Israel, ada proses pembentukan yang sangat panjang yang perlu Daud alami hingga membuat Ia menjadi siap untuk diangkat menjadi raja. Memberi diri untuk mengalahkan Goliat, dikejar-kejar oleh Saul untuk dibunuh, bersembunyi di dalam Gua Adulam, berlari dari tempat yang satu ke tempat lainnya, kotanya terbakar habis dan rakyat ingin melemparinya dengan batu. Proses yang panjang dan sangat menyakitkan. Tetapi Daud tetap setia di dalam setiap proses tersebut, hingga rakyat Israel yang awalnya membenci Daud pun menghampiri Daud dan meminta Daud untuk memimpin bangsa Israel karena pada akhirnya mereka menyadari bahwa Daud adalah orang yang diurapi oleh Tuhan untuk menjadi raja. Ketika kita setia berjalan di dalam proses kehidupan ini, kita pasti akan mendapati bahwa Tuhan tidak berhutang dan menyediakan kita “upah”, bukan karena perbuatan baik yang kita lakukan, tetapi karena Ia menghargai kerelaan dan kesetiaan kita berada di proses tersebut. Tuhan tidak hanya sampai di titik menyediakan kita sebuah reward di akhir perjalanan kita, tetapi Ia Allah yang juga menemani setiap langkah kita bahkan memberikan kita kasih karunia ketika menjalani setiap proses yang ada. “Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.” Biarlah kita terus bertekun di dalam proses pengujian yang ada di depan kita karena Tuhan sudah menyediakan mahkota kehidupan untuk setiap kita yang mengasihi Dia!

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu hal apakah yang Tuhan nyatakan kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Bagaimana responmu dalam menghadapi setiap pencobaan yang ada?

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Ceritakanlah insight yang kamu dapatkan hari ini dan buatlah komitmen kepada pemuridmu untuk kamu dapat bertekun di dalam proses pengujian yang ada!

Author


Avatar