11/2019 November, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-2, RENUNGAN

DIBALIK KUASA SALIB

11:23 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti

11:24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!”

11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”

11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

1 KORINTUS 11:23-26

Kita telah merenungkan bagaimana kita perlu hidup terus mengenal Kristus. Kita juga telah merenungkan dampak kuasa kebangkitan dan kematian-Nya bagi kita. Dan janji jika hal ini terus menjadi bagian dalam hidup kita maka kita akan mengalami keserupaan dengan Kristus dalam kematian-Nya dan memperoleh kebangkitan dari antara orang mati.

Hari ini kita merenungkan bagaimana Paulus pun mengingatkan dan meneruskan kepada kita apa yang ia telah terima dari Tuhan bahwa setiap kali kita makan perjamuan, kita tidak melakukan dengan salah. Tetapi kita melakukannya dengan benar.

Ketika kita makan roti dan minum anggur perjamuan kudus, sesungguhnya kita tidak hanya sedang makan dan minum. Tetapi sesungguhnya kita sedang merenungkan kematian Yesus. Dan tidak hanya itu saja. Dikatakan oleh Paulus bahwa setiap kali kita melakukan makan roti dan minum anggur itu, kita diberi perintah untuk memberitakan kematian-Nya hingga Ia datang kembali.

Hari ini, jika kita telah semakin mengerti bahwa kita hidup, kita terus hidup untuk mengenal, mengerti kuasa kebangkitan dan persekutuan dengan kematian-Nya. Kita perlu juga hidup sebagai pembawa berita bahwa Yesus Tuhan kita telah mati, namun Ia juga telah hidup kembali untuk memberi kehidupan kekal bagi semua orang yang percaya kepada-Nya.

Betapa dahsyatnya kuasa dibalik salib yaitu pengenalan, kebangkitan dan kematian-Nya bukan.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah yang diteruskan oleh Paulus kepada kita dalam hal ini?
    2. Apakah yang kita perlu sadari ketika kita makan tubuh-Nya yaitu roti?
    3. Apakah yang kita perlu sadari ketika kita minum anggur?
    4. Perintah apakah di balik kita makan roti dan minum anggur ini?
    1. Bagaimana selama ini yang saudara mengerti tentang makan roti dan minum anggur?
    2. Pencerahan apakah yang saudara dapatkan hari ini ketika membaca perenungan hari ini?
    3. Bagaimana selama ini saudara melakukan perintah Tuhan ini?
    1. Pertobatan apakah yang saudara akan lakukan hari ini? Datanglah dan bawalah komitmen saudara!
    2. Milikilah waktu untuk bersekutu dengan anggota keluarga, kompak atau komunitas saudara. Bagikan apa yang Tuhan singkapkan dan ceritakan pertobatan saudara.
    3. Ambillah waktu untuk bersama-sama berdoa, menyembah Tuhan. Alamilah secara bersama kehadiran Allah di tengah-tengah saudara.

Topik Doa:

Naikkanlah ucapan syukur dan ucapan iman kita tentang Tuhan – Empunya segala ciptaan yang ada.

Author


Avatar