08/2019 Agustus, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-2, RENUNGAN

DIMULAI DARI DENGAR DAN TAAT

11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini.

11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air.

11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ.

11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.

Ibrani 11:13-16

Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui.
Ibrani 11:8

Telah satu minggu kita merenungkan tentang Abraham. Bagaimana Allah memanggil dan memproses Abraham.

Abraham yang tidak mengenal Allah, namun ketika Allah berfirman Abraham langsung meresponsnya dengan ketaatan. Betapa luar biasanya ketaatan Abraham.

Pada hari Senin lalu, telah kita renungkan bahwa kita sebagai orang yang percaya kepada Tuhan adalah keturunan Abraham yang berhak menerima janji-janji yang telah diberikan kepada Abraham.

Kita pun telah merenungkan proses hidup yang Abraham alami. Dan hari ini, kita adalah orang yang berhak menggenapi janji dan melihat janji Abraham.

Kita menyaksikan keturunan Abraham hari ini terjadi seperti yang dijanjikan. Dan tanah perjanjian yaitu tanah Kanaan yang di janjikan Allah bukanlah sekedar tanah di dunia fana ini. Tetapi sebagai keturunan Abraham kita memiliki tanah “Kanaan” abadi. Itulah tanah yang akan kita tinggali sampai selama-lamanya.

Namun untuk meraih semua janji Abraham, kita perlu memiliki iman seperti Abraham. Yaitu iman yang tahu dan mengerti apa yang Allah mau dengan dimulai membangun hubungan yang terus menerus semakin mengenal Allah.

Mari kita hidup membangun hal-hal yang kekal, teruslah tanam hal-hal yang bernilai kekal dalam hidup kita.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah yang membuat Abraham dapat taat kepada Allah?
    2. Apakah bagian yang harus kita lakukan? Dan apakah janji Allah bagi Abraham yang harus kita terima?
    3. Apakah iman menurut saudara?
    1. Apakah hari-hari ini saudara sungguh menyadari bahwa saudara keturunan Abraham yang berhak memperoleh janji Abraham juga?
    2. Bagaimana hubungan saudara hari-hari ini dengan Tuhan?
    3. Apakah saudara hidup berdasarkan iman dan masih memiliki iman atau berdasarkan perbuatan dan keinginan saudara?
    1. Percayakah bahwa Allah ada bersama saudara saat ini? Jika ya maupun tidak datanglah dengan keberanian kepada Allah dan sembahkah Dia.
    2. Tuliskan apakah pertobatan yang ingin saudara lakukan? Bawalah kepada Tuhan!
    3. Ambillah waktu dengan keluarga, komunitas / kompak saudara. Dengarlah mereka sambil terus menyadari Tuhan ada di tengah-tengah saudara. Lakukanlah saling membangun dan mendoakan!

Topik Doa:

Berdoalah bagi pemerintahan bangsa kita, seluruh aparat keamanan yang ada. Agar mereka terus diberi semangat yang benar untuk membangun bangsa Indonesia.

Author


Avatar