09/2019 September, 10/2019 Oktober, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

DIMULAI DARI ORANG YANG DIPANGGIL

dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

2 TAWARIKH 7:14

Lalu umat-Ku yang memakai nama-Ku itu merendahkan diri, dan berdoa serta datang kepada-Ku dan meninggalkan perbuatan mereka yang jahat, maka dari surga Aku akan mendengar doa mereka. Aku akan mengampuni dosa-dosa mereka dan menjadikan negeri mereka makmur kembali.
2 Tawarikh 7:14 (BIMK)

Mari kita merenungkan setiap kata dar ayat ini. Tentunya kita yang dipanggil sebagai “gereja”-lah yang harus memulainya terlebih dahulu untuk merendahkan diri (salah satunya dengan berpuasa dan menyadari bahwa hidup kita bukan diri kita sendiri lagi), berdoa, datang dan meninggalkan perbuatannya yang jahat (bertobat). Maka Allah akan mendengar doa kita orang-orang yang dipilih sebagai “gereja”.

Hari ini, melalui Firman Tuhan ini kita diingatkan untuk kita yang terlebih dahulu kembali kepada Allah. Setelah itu barulah kita akan melihat negeri kita tercinta Indonesia menjadi makmur kembali, dipulihkan seperti rencana Allah semula.

Rindukah kita melihat negeri kita pulih, negeri kita makmur, negeri kita diselamatkan dan melihat tuaian terjadi dimana-mana? Sesungguhnya inilah kerinduan hati Allah yang dapat terjadi jika kita sebagai orang pilihan-Nya yang dipanggil sebagai “gereja” melakukan bagian kita terlebih dahulu.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apa yang seharusnya kita lakukan terlebih dahulu?
    2. Apakah yang akan Allah lakukan jika kita telah lakukan bagian kita?
    1. Refleksikan diri, bercerminlah kepada Firman ini. Dan temukan apa yang harus saudara lakukan.
    2. Apakah saudara sungguh rindu menyaksikan negeri kita ini makmur? Ujilah diri saudara.
    3. Dalam hal apa saudara sungguh-sungguh rindu untuk bertobat?
    1. Nyatakanlah kepada Allah apa yang saudara sungguh rindukan dan ingin lakukan? Alamilah Tuhan!
    2. Tekunlah untuk berdiri, berdoa, memohon, berseru dan merendahkan diri (termasuk dengan cara berpuasa) dengan sepakat bersama komunitas sepakat dan sel serta keluarga dengan topik doa yang ada.
    3. Ambillah waktu untuk berbagi dan mengaku dosa. Dan salinglah mendoakan serta ingatkan untuk tetap berpuasa dan berdiri bersama bagi Indonesia.

Topik Doa:

Berdoalah dengan menggunakan ayat 2 Tawarikh 7:14. Mengalirlah dengan pimpinan Roh Allah. Bersyafaatlah bagi kota, bangsa, penduduk dan pemerintahannya.

Author


Avatar