12/2019 Desember, 2019 KEGA Anak, KEGA, KEGA Anak, Minggu ke-1, RENUNGAN

DIPANGGIL UNTUK ORANG BERDOSA

Matius pemungut cukai mengikut Yesus

9:9 Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.

9:10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.

9:11 Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?”

9:12 Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Matius 9:9-13

Penjelasan :

“Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.” Tujuan Yesus datang ke dunia adalah untuk menyelamatkan kita, orang-orang yang berdosa, dan sekarang, kita yang sudah diselamatkan, diberikan misi yang sama- yaitu untuk memanggil orang-orang berdosa kembali padaNya. Ini bukan berarti kita bergaul dengan orang-orang berdosa dan mengikuti cara hidup mereka, tetapi sebagai gereja kita harus memberi contoh dan teladan bagi mereka- tidak mendiskrimnasi mereka, dan berani menghubungi mereka seperti Tuhan Yesus menjangkau Matius yang dulunya pemungut cukai. Sebagai gereja kita juga harus saling menguatkan dan saling membantu.

Pertanyaan :

  1. Mengapa Tuhan mau datang dan makan bersama-sama dengan orang berdosa?
  2. Apakah kehendak Tuhan?
  3. Untuk apakah Tuhan datang?
  4. Apakah kamu hari-hari ini masih memiliki hati yang penuh dengan belas kasihan dan taat kepada perintah Tuhan?
  5. Bagaimana hidup kamu hari-hari ini terhadap orang-orang yang belum mengenal Tuhan?

Author


Avatar