10/2017 Oktober, 2017 - Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

Firman Yang Berkuasa

Yakobus 1:19-25

“Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.”

Yakobus 1:21

  Firman Tuhan sungguh berkuasa. Oleh Firman, Allah menciptakan alam semesta. Oleh Firman Allah menopang segala yang ada (Ibrani 1:3). Oleh Firman segala sesuatu telah dijadikan dan Firman itu adalah Yesus Kristus sendiri. Tetapi dalam bacaan kita hari ini, Firman Tuhan dikatakan berkuasa menyelamatkan jiwa kita. Firman Tuhan berkuasa mengubahkan hidup kita. Karena saat jiwa kita yaitu pikiran, perasaan, dan kehendak kita diubahkan, seluruh hidup kita juga berubah. Jadi kalau kita mau pikiran, perasaan, dan kehendak kita diubahkan dan diperbaharui; caranya adalah dengan menerima Firman Tuhan. Dikatakan kita perlu membuang segala sesuatu yang kotor, yang salah, kemarahan. Dan sebaliknya kita menerima Firman Tuhan di dalam hati kita. Menanamkan Firman Tuhan. Firman Tuhan akan menyelamatkan, mengubah jiwa kita.
Pertanyaan :
(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
  1. Dari bacaan hari ini, apa yang dikatakan tentang kuasa Firman Tuhan dalam hidup kita?
  2. Selama ini, apakah pengaruh Firman Tuhan dalam hidup saudara? Apakah ketika saudara merenungkan Firman atau melakukan saat teduh setiap hari saudara merasakan perubahan yang nyata atas hidup saudara? Kalau belum, apa penyebabnya? Diskusikan dengan keluarga dan teman Kompak / Komsel saudara!
  3. Mari datang kepada Bapa; periksa diri saudara, apakah saudara sudah benar-benar menerima Firman Tuhan setiap hari dalam hidup saudara! Kalau belum, rencanakan dan temukan bagaimana agar saudara dapat merasakan dampak Firman Tuhan secara nyata atas hidup saudara!
Topik Doa:
Berdoalah agar Firman Tuhan menjadi acuan utama dalam Gereja Tuhan di Indonesia; lebih dari segala tradisi, kebiasaan, dan kesombongan diri satu sama lain! Berdoalah agar Gereja Tuhan bersatu.