01/2019 Januari, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

Gaya Hidup Berkecukupan (1)

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu.
Ibrani 13:5a
Hal mengumpulkan harta

6:19″ Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.

6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;

6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

6:24 Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”
Matius 6:19-24

Tuhan Yesus dalam khotbah di bukit mengajarkan kita untuk hanya memiliki satu tuan, yaitu TUHAN, Allah yang Esa. Kita manusia sering tidak menyadari bahwa kita sudah menjadi hamba uang. Menjadi hamba uang dengan kata lain adalah Mamon atau harta-lah menjadi Allah kita.

Ketika kita kuatir akan kehidupan kita, akan apa yang bisa kita miliki dan nikmati. Ataupun ketika kita mengejar harta di dunia dengan segala daya upaya. Mengumpulkan uang untuk memuaskan keinginan diri sendiri. Semua itu menunjukkan kita dikuasai oleh harta / uang dan ego kita sendiri.

Kita seharusnya memiliki fokus untuk membangun Kerajaan Allah, mencari dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya. Kerajaan Allah selalu berlawanan dengan keinginan daging dan ego kita. Siapakah yang menjadi Tuan saudara?

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah peringatan Tuhan yesus dalam perikop bacaan Matius ini?
    2. Apa seharusnya yang kita kumpulkan sebagai anak-anak Tuhan?
    1. Selama ini seberapa besar usaha saudara untuk mengumpulkan harta di sorga? Sebaliknya, seberapa besar usaha saudara untuk mengumpulkan harta di bumi? Siapakah yang menjadi Tuan saudara?
    2. Selama ini, seberapa banyak uang / harta yang saudara gunakan untuk membangun Kerajaan Allah? Sebaliknya, seberapa banyak uang / harta yang saudara gunakan untuk hidup dan kesenangan saudara sendiri? Siapakah yang menjadi Tuan saudara?
    1. Datang dan sembahlah Bapa di surga! Serahkan seluruh apa yang saudara miliki kepada Bapa karena memang segala yang ada pada saudara adalah milik-Nya! Bertanyalah kepada Dia, apa yang Dia inginkan melalui uang dan harta yang ada pada saudara!
    2. Bagikan apa yang selama ini menjadi pergumulan saudara dalam hal uang kepada saudaramu seiman yang terdekat! Bagikan juga pengalaman saudara dan komitmen saudara setelah mendengar dari Bapa hari ini!

Topik Doa:

Doakan agar setiap kompak terus dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tuaian besar yang sedang terjadi.

Author


Avatar