09/2019 September, 10/2019 Oktober, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-2, RENUNGAN

GEREJA YANG MENYATAKAN KERAJAAN ALLAH

Pengakuan Petrus

16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?”

16:14 Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.”

16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”

16:16 Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”

16:17 Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

16:20 Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.

Matius 16:13-20

Di dalam ayat-ayat inilah Yesus menyebutkan kata jemaat pertama kalinya. Kata “Jemaat” ini diterjemahkan dari kata Ekklesia (bahasa Yunani) ataupun igreja (bahasa Portugis) yang menjadi asal kata gereja dalam bahasa Indonesia.

Gereja mulai dinyatakan oleh Yesus ketika Simon Petrus mulai mendapatkan pernyataan dari Allah. Yang pertama dinyatakan tentang Gereja adalah bahwa alam maut tidak akan menguasai. Gereja justru akan menyatakan kehendak Kerajaan Allah di bumi. Gereja akan membawa apa yang dikehendaki Allah ke atas dunia ini. Dan Gereja adalah kita, seperti yang sudah kita renungkan minggu lalu.

Inilah kehendak dan rencana Allah atas kita, Gereja-Nya. Kalau Allah yang berkehendak dan berencana, hal ini pasti bisa terjadi asal kita taat. Bersediakah saudara mewujudkan rencana Allah atas Gereja-Nya melalui saudara?

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah pertanyaan Yesus bagi murid-murid-Nya?
    2. Apakah jawaban Simon Petrus? Dan bagaimana reaksi Yesus terhadap jawaban itu?
    3. Apakah pernyataan Yesus tentang jemaat yang akan dibangun?
    1. Apakah pandangan saudara selama ini tentang kuasa yang diberikan kepada Gereja-Nya? Apakah saudara sudah menyadari kehendak Tuhan atas gereja-Nya?
    2. Kalau saudara percaya saudara dipanggil sebagai Gereja-Nya, apakah tujuan hidup saudara sejalan dengan tujuan Gereja-Nya? Apakah saudara menjalani kehidupan saudara dengan menyadari tujuan Allah atas Gereja-Nya?
    3. Datang dan sembahlah Bapa! Bertanyalah apa yang Bapa inginkan dari hidup saudara sebagai Gereja Tuhan! Dengarkanlah Dia dengan penuh keterbukaan hati!
    1. Teruskanlah doa puasa saudara atas bangsa ini, temukan kehendak Allah atas saudara sebagai Gereja-Nya bagi bangsa ini!
    2. Ambillah waktu untuk berdoa sepakat bersama komunitas sepakat dan komunitas sel serta anggota keluarga saudara dengan topik doa yang ada dan ikuti pimpinan Roh Allah ketika saudara berdoa!
    3. Lakukanlah saling membangun dengan saling menceritakan apa yang saudara mau lakukan sebagai Gereja-Nya!

Topik Doa:

Teruslah berdiri sebagai imam membawa keadaan kota dan bangsa ini, memohon kedaulatan Allah dinyatakan, kerajaan tegak berdiri di bumi Indonesia dan bersyukurlah.

Author


Avatar