06/2019 Juni, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-2, RENUNGAN

JANGAN KERASKAN HATIMU

Hari perhentian yang disediakan Allah

4:1 Sebab itu, baiklah kita waspada, supaya jangan ada seorang di antara kamu yang dianggap ketinggalan, sekalipun janji akan masuk ke dalam perhentian-Nya masih berlaku.

4:2 Karena kepada kita diberitakan juga kabar kesukaan sama seperti kepada mereka, tetapi firman pemberitaan itu tidak berguna bagi mereka, karena tidak bertumbuh bersama-sama oleh iman dengan mereka yang mendengarnya.

4:3 Sebab kita yang beriman, akan masuk ke tempat perhentian seperti yang Ia katakan: “Sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku,” sekalipun pekerjaan-Nya sudah selesai sejak dunia dijadikan.

4:4 Sebab tentang hari ketujuh pernah dikatakan di dalam suatu nas: “Dan Allah berhenti pada hari ketujuh dari segala pekerjaan-Nya.”

4:5 Dan dalam nas itu kita baca: “Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku.”

4:6 Jadi sudah jelas, bahwa ada sejumlah orang akan masuk ke tempat perhentian itu, sedangkan mereka yang kepadanya lebih dahulu diberitakan kabar kesukaan itu, tidak masuk karena ketidaktaatan mereka.

4:7 Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu “hari ini”, ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!”

IBRANI 4:1- 7

Sepanjang minggu ini kita telah merenungkan tentang iman, kasih karunia Allah dan kekekalan. Semua ini harus terus bertumbuh dalam perjalanan kita sebagai orang benar beriman -orang-orang yang senantiasa membangun manusia roh (membangun manusia yang hidupnya dipimpin oleh Roh Kudus – taat kepada Firman Tuhan dan bukan kepada keinginan daging dan ego).

Hari ini kita terus mau membaca sambil merefleksikan diri dan mendengar suara-Nya berbicara kepada kita. Tetap lakukan pembacaan berulang kali dengan perlahan sambil terus meminta pimpinan Roh Allah. Hayati dan renungkan kata demi kata. Dan terimalah Firman Tuhan dengan sukacita.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Peringatan apakah yang dikatakan Roh Kudus ketika saudara membaca bacaan Firman Tuhan hari ini?
    2. Firman Tuhan apakah yang berbicara secara jelas kepada saudara ketika membacanya?
    3. Adakah pencerahan yang Roh Kudus singkapkan ketika saudara membaca?
    1. Berdiam dirilah sejenak, renungkan kembali semua poin no. 1 sambil berdialog dengan Roh Kudus.
    2. Mintalah Roh Kudus menyingkapkan kepada saudara jika ada hal-hal yang mendukakan Roh Kudus yang saudara lakukan. Jangan keraskan hatimu!
    3. Ambillah waktu berdoa, memohon dan bersyukur atas apa yang Roh Kudus nyatakan.
    1. Lakukan dengan segenap hatimu apa yang dinyatakan oleh Roh Kudus. Janganlah menunda!!!
    2. Berdoalah, mintalah Roh Kudus pimpin apa yang saudara harus lakukan bagi keluarga dan kompak saudara. Lakukanlah!!!
    3. Ceritakanlah pengalaman saudara bersama Roh Kudus hari ini kepada sekeliling saudara. Nyatakan bahwa saudara memiliki Allah yang sangat peduli kepada saudara hingga Ia mau saudara tetap hidup di dalam Dia.

Topik Doa:

Berdoalah bagi negara tetangga kita dengan pimpinan Roh Kudus

Author


Avatar