06/2019 Juni, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-2, RENUNGAN, TOGA

JOSEPH – RESPOND TOWARDS THE WORDS OF GOD

The bible’s messages is that you are matter to God, our response is that God should matter to us
(Dillon Burroughs)

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya Roh Kudus memenuhi kedalaman roh kita sehingga kita memiliki kualitas hati yang takut akan Tuhan dan mengandalkan Tuhan sepenuh waktu sebagai bukti pimpinan Roh Allah pada kita.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Yusuf di rumah Potifar

39:1 Adapun Yusuf telah dibawa ke Mesir; dan Potifar, seorang Mesir, pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja, membeli dia dari tangan orang Ismael yang telah membawa dia ke situ.

39:2 Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

39:3 Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya,

39:4 maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf.

39:5 Sejak ia memberikan kuasa dalam rumahnya dan atas segala miliknya kepada Yusuf, TUHAN memberkati rumah orang Mesir itu karena Yusuf, sehingga berkat TUHAN ada atas segala miliknya, baik yang di rumah maupun yang di ladang.

39:6 Segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak usah lagi mengatur apa-apapun selain dari makanannya sendiri. Adapun Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya.

39:7 Selang beberapa waktu isteri tuannya memandang Yusuf dengan berahi, lalu katanya: “Marilah tidur dengan aku.”

39:8 Tetapi Yusuf menolak dan berkata kepada isteri tuannya itu: “Dengan bantuanku tuanku itu tidak lagi mengatur apa yang ada di rumah ini dan ia telah menyerahkan segala miliknya pada kekuasaanku,

39:9 bahkan di rumah ini ia tidak lebih besar kuasanya dari padaku, dan tiada yang tidak diserahkannya kepadaku selain dari pada engkau, sebab engkau isterinya. Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah?”

39:10 Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia.

39:11 Pada suatu hari masuklah Yusuf ke dalam rumah untuk melakukan pekerjaannya, sedang dari seisi rumah itu seorangpun tidak ada di rumah.

39:12 Lalu perempuan itu memegang baju Yusuf sambil berkata: “Marilah tidur dengan aku.” Tetapi Yusuf meninggalkan bajunya di tangan perempuan itu dan lari ke luar.

39:13 Ketika dilihat perempuan itu, bahwa Yusuf meninggalkan bajunya dalam tangannya dan telah lari ke luar,

39:14 dipanggilnyalah seisi rumah itu, lalu katanya kepada mereka: “Lihat, dibawanya ke mari seorang Ibrani, supaya orang ini dapat mempermainkan kita. Orang ini mendekati aku untuk tidur dengan aku, tetapi aku berteriak-teriak dengan suara keras.

39:15 Dan ketika didengarnya bahwa aku berteriak sekeras-kerasnya, ditinggalkannyalah bajunya padaku, lalu ia lari ke luar.”

39:16 Juga ditaruhnya baju Yusuf itu di sisinya, sampai tuan rumah pulang.

39:17 Perkataan itu jugalah yang diceritakan perempuan itu kepada Potifar, katanya: “Hamba orang Ibrani yang kaubawa ke mari itu datang kepadaku untuk mempermainkan aku.

39:18 Tetapi ketika aku berteriak sekeras-kerasnya, ditinggalkannya bajunya padaku, lalu ia lari ke luar.”

39:19 Baru saja didengar oleh tuannya perkataan yang diceritakan isterinya kepadanya: begini begitulah aku diperlakukan oleh hambamu itu, maka bangkitlah amarahnya.

39:20 Lalu Yusuf ditangkap oleh tuannya dan dimasukkan ke dalam penjara, tempat tahanan-tahanan raja dikurung. Demikianlah Yusuf dipenjarakan di sana.

39:21 Tetapi TUHAN menyertai Yusuf dan melimpahkan kasih setia-Nya kepadanya, dan membuat Yusuf kesayangan bagi kepala penjara itu.

39:22 Sebab itu kepala penjara mempercayakan semua tahanan dalam penjara itu kepada Yusuf, dan segala pekerjaan yang harus dilakukan di situ, dialah yang mengurusnya.

39:23 Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.

Kejadian 39:1-23

REFLECTION

  1. Apa yang terjadi kepada Yusuf? (Ayat 1-5)
  2. Proses pembentukan apa yang dialaminya? (Ayat 7-20)
  3. Hal apa yang terjadi ketika Yusuf berada di penjara? (Ayat 21-23)

DEVOTION

Kembali kepada kisah Yusuf, salah satu saksi iman yang besar. Mengikuti proses Yusuf membangun manusia roh dari awal kehidupannya hingga ia berada di tanah Mesir, bukanlah suatu perjalanan yang mudah, tetapi menjadi perjalanan yang sangat menyesakan. Yusuf bisa memilih untuk berespon tidak baik, ia bisa menjadi marah dan kecewa, tetapi ia memutuskan untuk memilih berespon taat kepada Firman setiap saatnya. Yusuf memiliki suatu kualitas hati mengandalkan Tuhan sepenuh waktu dan Tuhan memegang perjanjian-Nya terhadap Yusuf. Kualitas rohani inilah yang membuat Firaun menyadari bahwa Yusuf adalah orang yang berbeda, orang yang disertai Tuhan sehingga apapun yang ia kerjakan menjadi berhasil. Tetapi perjalanan Yusuf tidak berhenti sampai di titik ini, ada proses pembentukan yang harus sekali lagi Yusuf alami, berada di dalam penjara karena sesuatu yang sama sekali tidak ia perbuat. Penjara menjadi titik terendah dalam kehidupannya, ia dapat membuktikan diri bahwa ia tidak bersalah, tetapi ia memilih untuk tidak buktikan itu dan hanya mempercayai serta mengikuti rencana Tuhan. Ia memilih untuk membangun manusia rohnya di dalam penjara dan tetap melakukan yang terbaik, ia memilih untuk terus menerus mempercayai Tuhan di tengah situasi dan kondisi yang tidak baik, ia memilih untuk tetap berespon taat kepada Firman setiap waktunya, memilih untuk mempercayai bahwa Tuhan terlebih mampu dan terlebih sanggup untuk mengeluarkan dirinya dari penjara serta membawa kehidupannya terbang tinggi. Biarlah kita memiliki kualitas hati yang sama seperti Yusuf untuk kita terus menerus membangun manusia roh kita untuk taat kepada Firman setiap saatnya sekalipun situasi kondisi begitu menyesakan karena Tuhan adalah Allah yang dapat kita percayai, sepenuh waktu!

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu hal apakah yang Tuhan nyatakan kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Apakah dirimu sudah berespon Firman setiap saatnya? Ceritakanlah!

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Ceritakanlah insight yang kamu dapatkan dari perenungan hari ini kepada teman komselmu!

Author


Avatar