01/2020 Januari, 2020 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

KEKAYAAN FIRMAN KRISTUS

3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

KOLOSE 3:15-17

Kekayaan Firman Kristus akan nyata justru melalui komunitas yang saling membangun. Ketika kita membicarakan dan mendiskusikan Firman Tuhan, hikmat Tuhan bekerja di tengah-tengah kita. Firman yang sepertinya sukar untuk dilakukan menjadi sesuatu yang realistis dan dapat dilakukan bersama-sama. Kita dapat menemukan langkah-langkah sederhana untuk mulai melakukan Firman Tuhan. Kita juga bisa meneguhkan satu sama lain ketika kita mulai melakukan Firman Tuhan walaupun belum sepenuhnya berhasil.

Semuanya itu bisa terjadi karena Kristus sesungguhnya hadir kalau kita bersekutu bersama. Kristus yang akan memberi pencerahan kalu kita mengizinkan Roh-Nya berbicara melalui setiap kita.

Mari kita terus membangun Kompak yang dipenuhi keterbukaan dan akuntabilitas supaya Firman Tuhan sungguh menjadi iman dan berbuah dalam ketaatan. Dengan demikian maka kita akan hidup menyenangkan Tuhan.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah yang harus ada memerintah dalam hati kita ketika kita ada dalam satu tubuh?
    2. Apa yang harus diam di antara kita sebagai komunitas?
    3. Bagaimana Firman Kristus dapat berdiam dengan segala kekayaannya?
    1. Apakah selama ini saudara sudah mengalami saling menguatkan dan menceritakan Firman sehingga saudara merasakan kekayaan Firman Kristus di tengah komunitas?
    2. Apa yang mungkin menjadi penghalang mendapatkan hikmat di tengah saudara? Buanglah hal tersebut dari diri saudara!
    3. Datanglah kepada Bapa dan evaluasi sikap saudara satu sama lain dalam menghargai dan memberi kontribusi dalam komunitas! Apakah saudara sudah memberikan yang terbaik dalam komunitas saudara?
    1. Apa yang mau saudara lakukan lebih lagi agar saudara bisa memberi kontribusi bagi komunitas/ kompak saudara?
    2. Hubungilah teman kompak saudara, ceritakan apa yang saudara dapatkan, apa yang mau saudara lakukan bersama mereka lebih lagi! Dan teruskan untuk senantiasa menanam Firman Tuhan kepada mereka.
    3. Ambillah waktu untuk berdoa bersama keluarga saudara. Hiduplah saling memberkati dan membangun!

Topik Doa:

Berdoalah agar pemerataan pertumbuhan perekonomian dapat terjadi di semua daerah dan kalangan.

Author


Avatar