05/2019 Mei, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-3, RENUNGAN, TOGA

LEVELING UP OUR FEARNESS TO THE LORD

The remarkable about God is that when you fear God, you fear nothing else, whereas if you do not fear God, you fear everything else.
Oswald Chambers

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya kita menjadi takut akan Tuhan dan melakukan seluruh kehendak-Nya di seluruh aspek kehidupan kita.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

13:16 Maka bangkitlah Paulus. Ia memberi isyarat dengan tangannya, lalu berkata: “Hai orang-orang Israel dan kamu yang takut akan Allah, dengarkanlah!

13:17 Allah umat Israel ini telah memilih nenek moyang kita dan membuat umat itu menjadi besar, ketika mereka tinggal di Mesir sebagai orang asing. Dengan tangan-Nya yang luhur Ia telah memimpin mereka keluar dari negeri itu.

13:18 Empat puluh tahun lamanya Ia sabar terhadap tingkah laku mereka di padang gurun.

13:19 Dan setelah membinasakan tujuh bangsa di tanah Kanaan, Ia membagi-bagikan tanah itu kepada mereka untuk menjadi warisan mereka

13:20 selama kira-kira empat ratus lima puluh tahun. Sesudah itu Ia memberikan mereka hakim-hakim sampai pada zaman nabi Samuel.

13:21 Kemudian mereka meminta seorang raja dan Allah memberikan kepada mereka Saul bin Kish dari suku Benyamin, empat puluh tahun lamanya.

13:22 Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.

13:23 Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juruselamat bagi orang Israel, yaitu Yesus.

Kisah Para Rasul 13:16-23

13:36 Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya, lalu ia mangkat dan dibaringkan di samping nenek moyangnya, dan ia memang diserahkan kepada kebinasaan.

Kisah Para Rasul 13:36a

78:70 dipilih-Nya Daud, hamba-Nya, diambil-Nya dia dari antara kandang-kandang kambing domba;

78:71 dari tempat domba-domba yang menyusui didatangkan-Nya dia, untuk menggembalakan Yakub, umat-Nya, dan Israel, milik-Nya sendiri.

78:72 Ia menggembalakan mereka dengan ketulusan hatinya, dan menuntun mereka dengan kecakapan tangannya.

Mazmur 78:70-72

REFLECTION

  1. Apa yang Allah nyatakan tentang Daud? (Ayat 22, 36a)
  2. Janji apa yang diberikan oleh Tuhan kepada Daud? (Ayat 23)
  3. Dari manakah asal Daud? (Mazmur 78:70-71)
  4. Apa yang Daud lakukan? (Mazmur 78:72)

DEVOTION

Daud adalah orang yang sangat takut akan Tuhan, kita dapat lihat ini dari perkataan Tuhan tentang Daud “Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.” Daud bukanlah seorang yang luar biasa jika kita melihat titik awal perjalanan kehidupannya, Daud merupakan seorang anak bungsu yang diabaikan oleh keluarganya, ia tinggal dan berada di kandang kambing domba – tempat yang tidak diinginkan oleh semua orang. Tetapi dikatakan bahwa Tuhan memilih Daud dan mengambilnya dari kandang kambing domba tersebut. Daud bisa tidak memiliki apapun dalam kehidupannya, Daud bisa diabaikan dan tidak dipedulikan oleh semua orang yang bersama-sama dengannya, tetapi Daud begitu melekat intim dengan Tuhan sehingga ia memiliki kualitas hati takut akan Tuhan yang begitu luar biasa sehingga dikatakan di dalam kisah para rasul “Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya”.

Ketika kita intim dengan Tuhan dan firman-Nya, pasti kita hanya akan melakukan kehendak Tuhan karena hubungan personal kita dengan Tuhan, membawa kita kepada kualitas hati takut akan Tuhan. Kita akan mengerti hal apa yang disukai dan dirindukan oleh Tuhan untuk kita lakukan, sehingga kita dapat melakukan kehendak Allah pada zaman kita sekarang ini. Tidak perlu menjadi orang hebat untuk dapat melakukan kehendak Allah, tapi dimulai dari titik kita intim dan melekat dengan Tuhan sehingga kita memiliki kualitas hati takut akan Tuhan. Mari kita level up bersama dalam takut akan Tuhan.

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu hal apakah yang Tuhan nyatakan kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Apakah kualitas hati takut akan Tuhan sudah kita miliki? Kehendak Allah apa yang sudah kita lakukan? Ceritakanlah!

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Ceritakanlah insight yang kamu dapatkan hari ini kepada pemuridmu dan buatlah komitmen praktis sehingga hidupmu dapat takut akan Tuhan setiap saatnya!

Author


Avatar