12/2018 Desember, 2018 - Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-3, RENUNGAN

Masuk Pintu Yang Sesak

Ayat Renungan :

Matius 7:12-14


Ketika Tuhan Yesus mengajarkan tentang Aturan Emas, Ia melanjutkan dengan anjuran untuk masuk melalui pintu yang sesak. Pintu yang sesak adalah pintu yang sukar untuk dilewati, perlu usaha dan perjuangan.

Demikian pula dalam kita melakukan Aturan Emas. Melakukannya perlu perjuangan, perlu penyangkalan diri. Secara alami kita tidak mau melakukannya. Secara alami kita cenderung untuk mengikuti keinginan diri kita sendiri.

Memahami keinginan dan sudut pandang orang lain tidaklah mudah. Terlebih lagi kita perlu menyadari bahwa Tuhan Yesus berbicara kepada kita sebagai murid-murid-Nya. Yang “kamu kehendaki” juga adalah kamu yang dikuduskan dan kehendak yang dikuduskan sesuai standar Kerajaan Allah. Kita tidak memenuhi Aturan Emas kalau hanya berusaha mencapai dengan standar kita sendiri.

Karena itulah kita butuh kasih dan kematian Kristus. Hanya dengan kasih Tuhan kita bisa hidup memenuhi standar Kerajaan Allah. Hanya dengan menyadari bahwa dengan kematian Kristus kita sudah dibeli seluruhnya, kita bisa menjadi hamba yang baik, yang taat dan mengasihi.



Pertanyaan :
(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah maksudnya pintu yang sesak itu?
    2. Sebaliknya apakah pintu yang lebar itu?
    1. Apakah saudara masih terus hidup dalam penyangkalan diri dalam saudara mengikut Kristus?
    2. Apakah kesenangan, kenyamanan, rasa berharga dalam diri saudara yang sukar saudara lepaskan dalam praktik hidup sehari-hari saudara?
    3. Dalam beberapa hari ini, sudahkah saudara belajar praktik Aturan Emas? Kesulitan apa saja yang saudara hadapi?
    1. Penyangkalan diri apa yang mau saudara terapkan hari-hari ini agar saudara semakin dapat melakukan Aturan Emas?
    2. Renungkan sejenak pengorbanan Kristus di kayu salib! Bayangkanlah segala hal apa yang Dia korbankan bagi saudara! Sembahlah Dia dengan lagu : “Shema Israel” agar hati Tuhan kita yang rela berkorban juga mulai menguasai hati saudara!
    3. Teruslah belajar praktik Aturan Emas di mana pun saudara berada! Bagikan pengalaman baik kegagalan maupun keberhasilan kepada keluarga jasmani dan rohani saudara!


Topik Doa:
Berdoalah bagi apa yang Tuhan sedang kerjakan ditengah-tengah bangsa ini (mintalah pimpinan Roh Kudus)

Author


Avatar