01/2020 Januari, 2020 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-3, RENUNGAN

MELEKAT PADA KRISTUS (4)

Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.

KELUARAN 16:4

Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.”

Ketika Tuhan mengajar bangsa Israel di padang gurun, Tuhan memberikan makanan berupa roti yang disebut manna. Pada setiap pagi, mereka hanya perlu bangun, keluar dan mengambil makanan. Aturannya sederhana, ambil tiap-tiap hari, sebanyak yang perlu untuk sehari. Kalau mereka tidak mengambil, mereka akan kelaparan. Tetapi kalau mereka mengambil lebih dari yang perlu untuk sehari, roti manna itu akan membusuk.

Biarlah kita belajar juga dari hal ini, untuk setia mencari makanan rohani yang perlu untuk sehari. Setiap hari kita membutuhkan Firman-Nya yang baru, yang memberi kesegaran, dan kekuatan untuk kita menjalani sepanjang hari kita dengan bergantung, melekat dengan Kristus.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah yang terjadi pada waktu itu sehingga TUHAN berfirman kepada Musa?
    2. Apa yang TUHAN harapkan dilakukan oleh bangsa Israel?
    3. Apakah tujuan TUHAN dalam melakukan hal itu?
    1. Bagaimana kondisi saudara sekarang ini, apakah saudara tekun mencari Firman-Nya setiap hari sampai Firman itu memberikan kekuatan dan kesegaran untuk saudara taat kepada Dia? Atau hanya sekedar kewajiban saudara membaca Alkitab?
    2. Teruslah minta Firman-Nya sungguh menguasai saudara setiap hari! Mintalah terus agar saudara terus memiliki kehausan dan kelaparan akan Firman-Nya!
    1. Buanglah segala pikiran negatif yang membuat saudara tidak haus akan Firman-Nya!
    2. Ucapkan perkataan iman bahwa saudara haus akan kebenaran Firman-Nya setiap hari!
    3. Bagikan kerinduan saudara dan apa yang saudara alami kepada kompak dan keluarga saudara!

Topik Doa:

Berdoalah bagi menteri-menteri Indonesia Maju.

Author


Avatar