12/2018 Desember, 2018 - Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

Membangun Dengan Mengampuni

Ayat Renungan :

Matius 18:21-35


Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Matius 18:22


Demikian pula Tuhan mengajarkan kepada kita dalam hal mengampuni sesama kita. Walau kita mengetahui bahwa untuk mengampuni tidaklah selalu mudah. Tetapi mengampuni dapat kita lakukan jika kita memutuskan untuk mau mengampuni.

Dan dalam hal mengampuni kita bukan sekedar hanya mengampuni, tetapi sungguh-sungguh melepaskan pengampunan dan tidak lagi mengingat kembali. Kita mengampuni karena kita diampuni. Kita mengampuni tanpa menunggu orang yang bersalah minta maaf kepada kita. Pengampunan yang tulus membebaskan orang yang bersalah dari kewajiban / hutang apa pun terhadap kita. Ini merupakan hal yang Tuhan mau kita belajar terus praktikkan kepada sesama kita. Dan hal ini sangat penting dalam kita membangun hubungan terhadap sesama.



Pertanyaan :
(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Bagaimana Tuhan mengajarkan hal mengampuni?
    2. Kebenaran apakah yang saudara terima ketika membaca tentang perumpamaan dalam Firman Tuhan?
    1. Bagaimana selama ini saudara mengampuni sesama? Apakah sesuai dengan Tuhan ajarkan? Apakah kita masih ada tuntutan terhadap orang tersebut?
    2. Bagaimana selama ini saudara memperlakukan orang yang berbuat dosa kepada saudara? Dan bagaimana pula orang memperlakukan saudara ketika saudara berbuat dosa?
    3. Respons otomatis apakah yang saudara miliki ketika orang berbuat dosa kepada saudara sampai saat ini?
    1. Ambillah waktu untuk saling berbagi apa yang saudara dapatkan dan alami kepada anggota keluarga dan komunitas. Dan bersama-sama mengambil komitmen dalam melakukan perintah Tuhan ini.
    2. Datanglah kepada Tuhan, bawalah apa yang ada di hati saudara terhadap sesamamu. Dan beri waktu untuk mendengar suara-Nya berbicara kepada saudara.


Topik Doa:
Berdoa bagi persiapan Natal di berbagai daerah, agar keamanan dan saling keharmonisan antar umat terus terjaga.

Author


Avatar