10/2017 Oktober, 2017 - Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

Menemukan Penghalang Firman Berbuah

Matius 13:18-23
Lukas 8:11-15
Markus 4:14-20

Matius 13:18-23; Lukas 8:11-15; Markus 4:14-20

 

Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

(Lukas 8:14)

 

“lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.”

(Markus 4:19)

  Dalam bacaan hari ini, kita coba membandingkan penjelasan Yesus atas perumpamaan tentang penabur pada 3 Injil. Ada berbagai halangan yang disinggung dalam penjelasan Yesus yang membuat Firman Tuhan tidak menghasilkan perubahan dan tidak membuat hidup kita berbuah. Bisa jadi itu sikap hati kita yang tidak serius menanggapi Firman Tuhan, dibaca atau didengar sebentar saja, lalu kemudian kita melupakannya. Bisa jadi kita tidak mau menghadapi tantangan atau aniaya dalam kehidupan kita sehingga kita tidak punya kesungguhan untuk tetap berpegang dan melakukan Firman Tuhan. Selanjutnya ada kekuatiran, tipu daya kekayaan, kenikmatan hidup, dan keinginan-keinginan. Semua masalah itu ada dalam jiwa kita. Kalau kita tidak menyadari penghalang-penghalang ini, dan tidak menyingkirkannya, Firman Tuhan tidak akan dapat bertumbuh dan mempengaruhi hidup kita. Mari kita memeriksa diri kita ketika kita membaca Firman Tuhan, penghalang apa yang mungkin membuat kita tidak bersedia taat kepada Firman Tuhan. Kalau kita sudah mulai menemukan penghalang itu, misalnya pikiran yang selalu takut, pikiran yang dikuasai kemarahan atau kebencian, keinginan dan nafsu yang menguasai; barulah kita bisa menyangkali, menolak dan menyingkirkannya.
Pertanyaan :
(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
  1. Dari bacaan hari ini, apa yang saudara temukan tentang penghalang untuk Firman Tuhan bertumbuh dalam hidup kita?
  2. Dalam hidup saudara pribadi, penghalang apa yang seringkali timbul menghalangi saudara melakukan dan taat kepada Firman Tuhan? Diskusikan dengan keluarga dan teman Kompak / Komsel saudara!
  3. Mari datang kepada Bapa; akui dan serahkan segala penghalang yang saudara temukan dalam diri saudara! Minta anugerah Tuhan dan minta Firman Tuhan datang atas hidup saudara untuk mengatasi segala penghalang itu!
Topik Doa:
Berdoalah agar Firman Tuhan semakin diberitakan di seluruh bumi Indonesia ini dengan segala ketulusan dan kesungguhan! Berdoa agar semakin banyak orang diselamatkan oleh Firman Tuhan!