01/2020 Januari, 2020 KEGA Anak, KEGA, Minggu ke-3, RENUNGAN

Mengasihi Karena Dikasihi

Yesus menjanjikan Penghibur

14:15 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup.

14:20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”

14:22 Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: “Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?”

14:23 Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

Yohanes 14: 15-23

Penjelasan :

Dalam ayat ini mungkin terkesan seperti Yesus sedang menuntut kita untuk mengasihiNya. Tapi sebenarnya Yesus sedang mau menyatakan kasihNya kepada kita. Karena ketika kita mengasihi Allah, kita akan semakin mengalami kasih Bapa. Bukannya Allah belum mengasihi kita jika kita tidak mengasihiNya. Tapi kita tidak akan bisa benar-benar merasakan dan menyadari kasihNya jika kita tidak mengasihiNya. Lalu bagaimana caranya kita menunjukkan kasih kita kepada Tuhan? Tentunya dengan melakukan perintahNya, yaitu mengasihi Tuhan dan esame kita. Apakah kamu rindu untuk terus mengalami kasihNya?

Pertanyaan :

  1. Apa saja yang dijanjikan oleh Yesus kepada kita dalam ayat- ayat ini?
  2. Apa bagian kita dalam merespons segala tindakan Yesus itu?
  3. Apa yang terjadi ketika kita mengasihi Yesus?
  4. Selama ini apakah kamu sudah sungguh-sungguh merasakan kasih Yesus atas hidupmu setiap hari?

Author


Avatar