11/2019 November, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-2, RENUNGAN

MENGENAL KRISTUS

3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.

3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,

3:9 dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.

FILIPI 3:7-9

Paulus menuliskan surat kepada jemaat di Filipi ini ketika ia sedang berada di dalam penjara. Namun ia tetap berusaha untuk menuliskan ajaran dan pengenalan yang harus kita miliki sebagai seorang pengikut Kristus.

Sebagai seorang pengikut Kristus kita wajib hidup percaya dan mengenal (mengetahui lebih dalam) akan Kristus Yesus, Tuhan kita.

Mengenal dimulai dengan membangun hubungan lalu menjadi percaya (beriman). Dalam hal ini kita perlu tahu bahwa mengenal Kristus itu lebih mulia dari pada semua yang ada, semua yang kita miliki.

Dikatakan oleh Paulus bahwa ia sendiri untuk memperoleh Kristus bukan dengan melakukan hukum Taurat yang sudah ia kuasai sejak muda karena ia dahulu juga orang Farisi. Ia mendasari pengenalannya kepada Kristus dengan percaya (iman) dan proses kehidupannya.

Pengenalan kepada Kristus itu sungguhlah amat penting kita peroleh melalui persekutuan kita dalam doa, penyembahan dan Firman Tuhan. Juga kita dapatkan ketika kita hidup berjalan dan menyadari bahwa Tuhan senantiasa ada bersama kita. Hingga pengenalan kita membuat iman (percaya) kita kepada Kristus semakin kuat.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah yang merupakan keuntungan menurut Paulus? Mengapa Paulus dapat berkata demikian?
    2. Hal apakah yang lebih mulia bagi hidup Paulus?
    3. Apakah dasar hidup Paulus?
    1. Apakah keuntungan menurut saudara?
    2. Apakah pengenalan Kristus merupakan hal yang lebih mulia dari pada semua yang saudara miliki?
    3. Hal apakah yang saudara dapat pelajari dari hidup Paulus? Kunci hidup apakah yang saudara dapat teladani melalui hidup Paulus?
    1. Datanglah kepada Tuhan jika sungguh saudara merindukan Dia dan rindu mengenal Dia. Tuliskan pertobatan dan komitmen saudara!
    2. Bagikan apa yang saudara alami bersama Tuhan dan pengenalan seperti apa yang saudara rindukan kepada keluarga, kompak atau komunitas.
    3. Ambillah waktu untuk berdoa dan menyembah bersama mereka. Doakan dengan sepakat topik doa yang ada.

Topik Doa:

Panjatkanlah permohonan, doa syafaat dan syukur agar hal-hal yang tidak benar, kebocoran yang merugikan kota dan bangsa kita Indonesia terus disingkapkan.

Author


Avatar