10/2018 Oktober, 2018 - Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-5, RENUNGAN

Mengingat Karya Tuhan


Ayat Renungan :

Mazmur 77:12-16


Pada kutipan mazmur ini Asaf mengajak kita, dengan memberi contoh, untuk mengingat perbuatan TUHAN atas kita.

Kita bisa mengingat-ingat segala kebaikan Tuhan yang sudah kita alami. Kita bisa mengingat bagaimana kita diselamatkan dari dosa. Bagaimana Tuhan menolong kita di saat-saat yang kita tidak pernah duga. Saat kita mengalami masalah dan keadaan yang terjepit.

Kita bisa juga mengingat bagaimana Tuhan bekerja, melakukan mukjizat bagi orang-orang lain yang kita kenal. Bagaimana kebesaran dan kebaikan Tuhan dinyatakan atas kehidupan mereka. Dan kita bisa mengingat karya salib Kristus yang begitu mulia. Bagaimana Tuhan merancangkan berbagai hal demi keselamatan manusia termasuk kita. Biarlah dalam kekaguman kita akan kebaikan-Nya kita menaikkan syukur. Bahkan kita bisa menceritakan kesaksian bagaimana kebaikan Tuhan terjadi kepada orang-orang di sekitar kita. Semakin kita menyebut-nyebut dan menceritakan, jiwa kita semakin menyadari keagungan karya-Nya. Teruslah ceritakan apa yang saudara alami dan kenal tentang Allah kepada banyak orang, dan saudara pun akan semakin mengalami dan mengenal Allah kita Yang Esa.



Pertanyaan :
(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apakah yang Daud rasakan saat dekat dengan Allah?
    2. Apakah yang membuat Daud bisa merasakan hal tersebut?
    1. Hal-hal apa saja yang diingat oleh pemazmur dalam mazmur ini?
    2. Apa yang kemudian dilakukan setelah ia mengingat hal-hal tersebut?
    1. Apakah komitmen saudara kalau saudara menyadari bahwa kondisi saudara saat ini hanya karena kebaikan Tuhan saja?
    2. Ceritakanlah pengalaman saudara dengan Bapa dan perbuatan-Nya yang saudara alami hari ini kepada keluarga dan saudara-saudara seiman serta kepada orang yang ada bersama saudara.
Topik Doa:
Berdoalah bagi orang-orang yang belum pernah mengalami kebaikan dan kemurahan Tuhan. Agar mereka dapat melihat dan merasakan bahwa kasih dan kemurahan Allah nyata dalam hidup mereka.

Author


Avatar