10/2019 Oktober, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-4, RENUNGAN

MENYADARI KEBESARAN ROH DI DALAM KITA

Roh Allah dan roh antikristus

4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,

4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.

4:4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

4:5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.

4:6 Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.

1 Yohanes 4:1-6

Mungkin ada di antara kita yang memiliki keraguan ketika kita dikatakan harus melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan sebagai Mesias. Ayat-ayat hari ini mengingatkan dan menguatkan kita kembali. Kita berasal dari Allah. Dan Roh yang ada di dalam kita lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia ini.

Dengan mengingat, merenungkan dan menyadari hal ini, kita sekarang tahu bahwa posisi kita lebih tinggi atau lebih superior dari roh yang ada di dunia. Kita tidak perlu takut. Kita tidak perlu gentar. Yang kita perlu lakukan terus adalah mengikuti pimpinan Roh Kudus yang ada di dalam kita. Karena yang besar bukanlah pribadi kita sendiri, tetapi Roh Kudus yang ada di dalam kita.

Karena itu, mari kita terus membangun manusia roh kita, belajar taat kepada pimpinan Roh, belajar taat melakukan Firman-Nya setiap hari. Sampai kita benar-benar melakukan pekerjaan Kristus dalam Yesaya 61:1-2, supaya tahun rahmat Tuhan sungguh datang bagi orang-orang di sekitar kita.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Menurut ayat-ayat ini bagaimana kita dapat membedakan Roh Allah dan roh antikristus?
    2. Bagaimana seharusnya kita bersikap menghadapi berbagai situasi / pengajaran di dunia ini?
    3. Bagaimana Roh yang di dalam kita dibandingkan dengan roh antikristus?
    1. Selama ini apakah ada keraguan / ketakutan dalam saudara melakukan pekerjaan Kristus?
    2. Hal-hal apa saja yang sudah saudara lakukan dalam menjalankan pekerjaan Kristus itu? Seberapa sering dan tekun saudara melakukannya?

      Apakah orang-orang di sekitar saudara merasakan rahmat Tuhan melalui hidup saudara?
    3. Berdoalah kepada Bapa dan mintalah kasih Bapa memenuhi hidup saudara! Biarlah kasih itu terus menggerakkan saudara mengasihi dan melakukan pekerjaan Kristus bagi orang-orang di sekitar saudara!
    1. Hal apa yang mau saudara mau tingkatkan dalam melakukan pekerjaan Kristus? Kalau saudara masih kesulitan, lakukan terus sesuai dengan pertumbuhan iman saudara! Roh Kudus yang akan menggerakkan dan memimpin saudara, taatilah pimpinan-Nya!
    2. Bagikan kesulitan, atau keraguan, maupun keberhasilan saudara dalam melakukan pekerjaan Kristus kepada Komunitas Sepakat, komunitas sel dan keluarga saudara!

Topik Doa:

Teruslah memanjatkan permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur bagi seluruh penatua, pemimpin dan staf pengabdi agar mereka terus diberi hati yang takut akan Tuhan dan tetap memiliki roh yang menyala-nyala dalam melayani Tuhan.

Author


Avatar