08/2019 Agustus, 2019 KEGA Anak, KEGA, KEGA Anak, Minggu ke-2, RENUNGAN

Murid Yang Menyangkal Yesus

Petrus akan menyangkal Yesus

26:30 Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun.

26:31 Maka berkatalah Yesus kepada mereka: “Malam ini kamu semua akan tergoncang imanmu karena Aku. Sebab ada tertulis: Aku akan membunuh gembala dan kawanan domba itu akan tercerai-berai.

26:32 Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea.”

26:33 Petrus menjawab-Nya: “Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak.”

26:34 Yesus berkata kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.”

26:35 Kata Petrus kepada-Nya: “Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau.” Semua murid yang lainpun berkata demikian juga.

Petrus menyangkal Yesus

26:69 Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: “Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu.”

26:70 Tetapi ia menyangkalnya di depan semua orang, katanya: “Aku tidak tahu, apa yang engkau maksud.”

26:71 Ketika ia pergi ke pintu gerbang, seorang hamba lain melihat dia dan berkata kepada orang-orang yang ada di situ: “Orang ini bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu.”

26:72 Dan ia menyangkalnya pula dengan bersumpah: “Aku tidak kenal orang itu.”

26:73 Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: “Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu.”

26:74 Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: “Aku tidak kenal orang itu.” Dan pada saat itu berkokoklah ayam.

26:75 Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: “Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.” Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.

Matius 26: 30-35, 69-75

Penjelasan :

Sebelum ditangkap, Yesus memperingatkan murid-muridNya bahwa iman mereka akan terguncang. Namun Petrus dengan berani mengatakan kalau dia tidak akan menyangkal Yesus. Bahkan ia mengatakan bahwa ia juga rela mati bersama Yesus. Namun, ketika Yesus ditangkap, iman Petrus goyah. Hari itu Petrus menyangkal Yesus tiga kali. Awalnya Petrus mempunyai keyakinan yang kuat, namun saat tekanan dan masalah datang, imannya guncang. Bagaimana dengan kita? Apakah iman kita guncang saat menghadapi tantangan? Kita tidak pernah tau kapan tantangan akan datang. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan diri kita dengan membangun manusia roh kita. Jadi, saat masalah datang, iman kita tidak akan goyah.

Pertanyaan :

  1. Apa peringatan yang diberikan Yesus kepada para murid?
  2. Bagaimana respons Petrus saat itu?
  3. Bagaimanan kenyataannya ketika tantangan itu datang?

Author


Avatar