06/2019 Juni, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-1, RENUNGAN, TOGA

NOAH – ARK AS HIS SYMBOL OF FAITH

Faith is unseen but felt, faith is strength when we feel we have none, faith is hope when all seems lost
(Catherine Pulsifer)

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya kita dapat mengerti dan mencontoh kualitas spiritual Nuh supaya kita dapat terus hidup berkenan di hadapan Tuhan.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Riwayat Nuh

6:9 Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah.

6:10 Nuh memperanakkan tiga orang laki-laki: Sem, Ham dan Yafet.

6:11 Adapun bumi itu telah rusak di hadapan Allah dan penuh dengan kekerasan.

6:12 Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi.

6:13 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: “Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala makhluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jadi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi.

6:14 Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam.

6:15 Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya.

6:16 Buatlah atap pada bahtera itu dan selesaikanlah bahtera itu sampai sehasta dari atas, dan pasanglah pintunya pada lambungnya; buatlah bahtera itu bertingkat bawah, tengah dan atas.

6:17 Sebab sesungguhnya Aku akan mendatangkan air bah meliputi bumi untuk memusnahkan segala yang hidup dan bernyawa di kolong langit; segala yang ada di bumi akan mati binasa.

6:18 Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian-Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu: engkau bersama-sama dengan anak-anakmu dan isterimu dan isteri anak-anakmu.

6:19 Dan dari segala yang hidup, dari segala makhluk, dari semuanya haruslah engkau bawa satu pasang ke dalam bahtera itu, supaya terpelihara hidupnya bersama-sama dengan engkau; jantan dan betina harus kaubawa.

6:20 Dari segala jenis burung dan dari segala jenis hewan, dari segala jenis binatang melata di muka bumi, dari semuanya itu harus datang satu pasang kepadamu, supaya terpelihara hidupnya.

6:21 Dan engkau, bawalah bagimu segala apa yang dapat dimakan; kumpulkanlah itu padamu untuk menjadi makanan bagimu dan bagi mereka.”

6:22 Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.

Kejadian 6:9-22

REFLECTION

  1. Siapakah Nuh dan bagaimanakah kualitas pribadi Nuh? (Ayat 6)
  2. Apakah Firman Tuhan kepada Nuh? (Ayat 13-22)
  3. Bagaimanakah respon Nuh kepada perintah Tuhan? (Ayat 23)

DEVOTION

Cerita tentang Nuh diawali dengan pernyataan akan kualitas pribadi Nuh dengan dikatakan bahwa Nuh adalah orang yang benar, tidak bercela diantara orang-orang zamannya, dan Ia bergaul dengan Allah. Tiga hal tersebut adalah kualitas spiritual yang Allah inginkan ada di dalam diri kita. Tuhan mau kita hidup benar sesuai dengan Firman Tuhan dan hidup tidak bercela bahkan ketika semua orang-orang disekitar kita juga berbuat cela/ dosa serta Tuhan menginginkan kita bergaul dengan Dia. Tuhan tidak hanya ingin kita tahu tentang Dia, tetapi Ia juga rindu bergaul dengan kita. Bergaul adalah bersahabat dan Allah ingin bersahabat dengan kita. Allah yang adalah Roh ingin bersahabat dengan kita sehingga bukankah persahabatan yang harus dibangun dengan Allah adalah koneksi spiritual? Karena ketika kita tidak membangun koneksi spiritual yang kuat dengan Allah, kita tidak akan bisa bersahabat dengan Allah. Sehingga membangun kekuatan roh/ spiritual adalah sangat penting bagi kita. Nuh membuktikan bahwa koneksi spiritual-nya begitu kuat dengan Allah lewat Ia begitu mentaati Firman Allah sampai yang ter-detail. Semua hal yang difirmankan Allah kepada Nuh telah dilakukan tepat seperti yang Allah katakan. Untuk membangun koneksi spiritual kita harus semakin taat kepada Firman Tuhan karena ketidaktaatan akan menjadi penghalang koneksi spirit kita dengan Tuhan.

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu hal apakah yang Tuhan nyatakan kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Apakah masih ada hal-hal yang telah Tuhan katakan kepadamu namun belum kamu taati? Mengapa? Hal apakah yang akan kamu lakukan?

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Ceritakanlah insight yang kamu dapatkan hari ini kepada teman kompakmu dan buatlah langkah praktis untuk praktek taat kepada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari!

Author


Avatar