11/2019 November, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-2, RENUNGAN, TOGA

OUT FROM YOUR COMFORT ZONE

PRAY & WORSHIP

Datanglah kepada Bapa dengan kerinduan untuk mengenal Dia dan isi hati-Nya lebih dalam lagi. berdoalah agar hari ini kamu mengalami perjumpaan pribadi dengan Bapa yang mengubahkan hidupmu.

REFLECTION

Itulah sebabnya dikatakan: “Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu.”

Efesus 5:14


Hawa nafsu dan persahabatan dengan dunia

4:1 Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?

4:2 Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.

4:3 Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

4:4 Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

4:5 Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: “Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!”

4:6 Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

4:7 Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

4:8 Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!

4:9 Sadarilah kemalanganmu, berdukacita dan merataplah; hendaklah tertawamu kamu ganti dengan ratap dan sukacitamu dengan dukacita.

4:10 Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.

Yakobus 4:1-10


  1. Berdasarkan pengajaran yang telah kita baca sebelumnya, bagaimana ciri orang yang mati rohani?
  2. Apa yang harus kita lakukan terlebih dulu sehingga Kristus akan bercahaya atas kita? (Efesus 5:14)
  3. Mengapa dikatakan kita salah berdoa? (Yakobus 4:3)

DEVOTION

Ketika kita melakukan segala cara untuk mempertahankan rasa nyaman, sama saja artinya kita sedang berusaha untuk memuaskan hawa nafsu kita. Di awal kita akan rasakan hati nurani kita berbunyi, menyatakan bahwa apa yang kita lakukan ataupun kejar adalah hal yang salah, namun jika kita terus-menerus abaikan, maka lama-kelamaan hati nurani kita menjadi tumpul. Alhasil hati kita menjadi hati yang kaku, keras dan dingin. Di titik itulah kita mengalami yang namanya mati rohani. Firman Tuhan katakan, kita perlu untuk bangun dari tidur, dan bangkit dari kematian rohani kita, artinya kita perlu tinggalkan zona nyaman kita untuk alami Kristus bercahaya atas kita.

CHALLENGE

Setelah mendengar dan merenungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, tiliklah hatimu dan akuilah kepada kompak-mu hal-hal apa saja yang masih menjadi zona nyamanmu dan buatlah komitmen yang dapat dipraktekkan untuk mem- bantumu keluar dari zona nyamanmu!

SHARE

Ceritakan kepada teman kompakmu rhema yang telah kamu dapatkan hari ini untuk dilakukan!

Author


Avatar