11/2019 November, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-2, RENUNGAN

PENGENALAN AKAN KRISTUS

3:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.

3:18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

2 Petrus 3:17-18

Rasul Petrus pun menuliskan pesan yang dapat kita baca dan renungkan serta lakukan. Yaitu untuk kita terus bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita.

Mengapa kita diminta untuk bertumbuh juga di dalam kasih karunia dan pengenalan kita kepada Allah? Dituliskan jika kita tidak mengenal Allah kita dengan dekat (ginosko), kita akan mudah terseret, disesatkan melalui banyak hal. Bahkan jika kita tidak semakin hari semakin mengenal Allah kita, kita dapat kehilangan pegangan hidup kita yang sejati.

Bertumbuh di dalam kasih karunia juga berarti kita bergantung kepada Allah terus menerus, bertumbuh dalam kebutuhan akan kehidupan Kristus yang menjadi kekuatan kita. Kita semakin hari semakin menghayati bahwa kita tidak bisa hidup dengan mengandalkan kekutan hidup kita sendiri. Kita butuh hidup dalam persekutuan terus-menerus dengan Kristus untuk dapat menjalani kehidupan bersama Kristus.

Ketika penghayatan akan kebutuhan dan persekutuan dengan Kristus meningkat kita juga akan mengalami pengalaman-pengalaman dengan Kristus dan bertumbuh semakin mengenal Kristus dalam kenyataan hidup sehari-hari, yang tentunya akan membuat kita kepada bertumbuh dalam keserupaan dengan Kristus.

Hal apa yang dapat kita lakukan? Milikilah persekutuan dengan Allah. Dengan hidup senantiasa membangun hubungan pribadi dengan Allah melalui doa, penyembahan, Firman serta persekutuan dengan saudara-saudara seiman (kompak, komunitas) yang sehat akan buat kita semakin mengenal Kristus serta bertumbuh dalam kasih karunia.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Hal apakah yang perlu kita waspadai?
    2. Hal apakah yang perlu bertumbuh senantiasa?
    1. Apakah selama ini saudara senantiasa hidup berwaspada dalam pengenalanmu kepada Tuhan?
    2. Apakah menurut dalam satu bulan ini saudara mengalami pertumbuhan dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan?
    3. Tuliskan pertumbuhan apa yang saudara alami! Dan tuliskan pula dalam hal apa yang harus saudara waspadai dalam hidup!
    1. Datanglah kepada Tuhan secara pribadi, milikilah waktu bersekutu, berdialog dengan Tuhan. Alamilah pengalaman bersama Tuhan hari ini!
    2. Buatlah janji untuk bersekutu dengan keluarga, kompak atau komunitasmu hari ini. Salinglah membagikan pengalaman, ceritakan hal apa yang saudara harus waspadai. Salinglah membangun!
    3. Ambil waktu untuk berdoa dan menyembah bersama, alamilah Allah yang hadir di tengah-tengah saudara dan salinglah mendoakan!

Topik Doa:

Panjatkanlah permohonan, doa syafaat dan syukur agar gereja Tuhan bangkit, bersatu dan bercahaya bagi keadaan kota dan bangsany

Author


Avatar