04/2018 April, 05/2018 Mei, 2018 - Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

PERINTAH YANG DI WARISKAN

Ulangan 6:1-25
  Selama hidup Adonia ayahnya belum pernah menegor dia dengan ucapan: “Mengapa engkau berbuat begitu?” 1 Raja-raja 1:6a.   Ketika kita tidak pernah atau tidak tekun mengajarkan perintah Tuhan kepada anak-anak kita, hal yang terjadi pada Adonia dapat terjadi pada anak-anak kita bahkan akan terus menerus turun kepada keturunan kita selanjutnya.   Tetapi apakah yang kita rindukan bagi generasi selanjutnya? Apakah kita akan mewariskan iman yang percaya dan taat kepada Allah yang hidup? Kita perlu melakukannya dengan penuh ketekunan.   Biarlah kita juga mau meninggalkan warisan iman, seperti yang telah diteladani kepada kita dari banyak tokoh-tokoh iman yang kita pelajari seminggu ini. Tuhan kita adalah Tuhan yang esa, Tuhan yang sama dengan Tuhan yang mereka sembah. Jika Tuhan yang sama yang dari dahulu telah melakukan perkara ajaib dan menyatakan bahwa Dia-lah satu-satunya Tuhan, kita perlu meneruskan iman kita, supaya generasi berikutnya juga mengalami pengalaman iman bersama Tuhan.   Perintah Tuhan bukan hanya sampai kepada memperdengarkan kepada diri kita sendiri, tetapi mengajarkannya kepada anak-anak kita (jasmani dan rohani) secara terus menerus tentang perintah ini, tentang Allah yang Esa yang kita sembah dan kasihi secara total. Tidak ada Allah lain selain Dia yang kita percayai dan kasihi. Ceritakanlah pengalaman iman dengan teladan hidup yang nyata dari hidup saudara kepada anak-anak, keluarga, saudara seiman, kompak, teman dan banyak orang. Dan ajarkanlah mereka untuk meneruskan iman mereka juga kepada generasi selanjutnya.
Pertanyaan :
(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
  1. A. Hal apa yang Tuhan nyatakan kepada saudara hari ini melalui ayat yang saudara baca? B. Perintah apakah yang Tuhan berikan untuk saudara lakukan?
  2. A. Apakah selama ini yang saudara percayai tentang Tuhan? Apakah saudara sungguh-sungguh hanya menyembah dan mempercayakan hidup saudara hanya kepada Allah yang esa ini? Apakah saudara sungguh-sungguh mengasihi Dia dengan total? B. Bagaimana selama 1 minggu ini saudara mewariskan iman kepada anak, keluarga, saudara seiman, kompak, teman, orang lain? Berdialoglah dengan Tuhan.
  3. A. Komitmen apakah yang saudara akan lakukan dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan dan sesama sebagai orang yang telah dipercayakan meneruskan warisan. Bawalah kepada Tuhan Komitmen saudara ini. B. Teruslah menjadi teladan dalam memperdengarkan Firman Tuhan Markus 12:29b-30 ini kepada diri saudara sendiri (Shema). Dan teruslah mengajarkan perintah Tuhan yang terutama ini kepada anak, keluarga, saudara seiman, kompak, teman, orang lain dengan tidak jemu-jemunya. Serta teruslah menceritakan pengalaman saudara bersama Tuhan kepada mereka.
Topik Doa:
Berkatilah anggota keluarga agar setiap mereka semakin mengenal Tuhan dan mereka semakin mengasihi Tuhan yang esa.