09/2019 September, 10/2019 Oktober, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

ROH ALLAH ADA DAN MENGURAPI ORANG YANG DIPANGGIL

Kabar selamat kepada Sion

61:1Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

61:2untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,

YESAYA 61:1-2A

Ayat-ayat ini merupakan nubuat tentang Mesias / Kristus – orang yang diurapi Roh Kudus. Tetapi kemudian juga berlaku atas kita sejak kita menerima Yesus dan Roh Kudus juga tinggal dan berdiam di dalam kita.

Kita adalah orang yang dipanggil sebagai “gereja”, dipanggil untuk menggenapi kehendak Allah. Dan melalui ayat yang kita renungkan ini, jelas bahwa bukan kita yang mengerjakannya, tetapi Roh Allah yang Ia taruh di dalam kita. Semua yang kita lakukan dan saksikan itu adalah pekerjaan Roh-Nya, bukan kemampuan dan keinginan yang datang dari diri kita, tetapi dari keinginan Allah kita.

Jadi sebagai orang yang telah dipanggil dan mengerti bahwa kita ini adalah “gereja”. Kita pasti akan pergi, akan melakukan dan mentaati perintah-Nya dengan tidak takut, tidak berbangga akan diri sendiri. Tetapi menyadari Roh Allah yang ada di dalam kita telah mengurapi kita untuk pergi, untuk menghasilkan buah. Maka kita akan menyaksikan lawatan yang besar akan terjadi di atas kota dan bangsa kita. Tuaian besar telah datang!

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Dimanakah Roh Allah berada? Dan siapakah yang diurapi Roh Allah?
    2. Siapakah yang mengutus kita orang yang dipanggil sebagai “gereja”?
    3. Untuk apakah Ia mengutus kita? Dan kepada siapa Ia mengutus kita?
    1. Apakah saudara menyadari ada Roh Allah di dalam saudara dan telah mengurapi saudara?
    2. Apakah saudara dalam satu minggu ini telah pergi sebagai orang utusan kepada orang-orang di sekitar saudara?
    3. Apakah saudara percaya bahwa saudara ini adalah orang yang dipanggil, diutus dan diurapi?
    1. Apakah yang hari ini saudara akan lakukan sebagai orang yang dipanggil, diutus dan diurapi?
    2. Rindukah saudara juga melihat teman dan orang-orang mengalami janji Firman hari ini? Mulailah dengan berdiri, berdoa, memohon, berseru dan merendahkan diri (termasuk dengan cara berpuasa) dengan sepakat bersama komunitas sepakat dan sel serta keluarga bagi keadaan kota dan bangsa (berdoa juga sesuai dengan topik doa)
    3. Tetap miliki waktu untuk saling membangun iman dan mengingatkan satu dengan lainnya. Dan tetaplah berdoa dan berpuasa!

Topik Doa:

Berdoalah sesuai dengan Firman Tuhan Yesaya 61:1-2A ini. Berdoalah dengan penuh keyakinan dan berilah diri saudara untuk menjadi pelaku Firman karena saudara adalah orang yang telah dipanggil, diutus dan diurapi Allah.

Author


Avatar