02/2020 Februari, 2020 KEGA Anak, KEGA, Minggu ke-1, RENUNGAN

SALING MEMBANGUN

Apolos di Efesus

18:24 Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Aleksandria. Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci.

18:25 Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes.

18:26 Ia mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah.

18:27 Karena Apolos ingin menyeberang ke Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya maka ia, oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya.

18:28 Sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias.

Kisah Para Rasul 18: 24-28

Penjelasan :

Dalam bacaan ini ada beberapa tokoh yang penting. Apolos, seorang yang belum lama mendengar tentang kebenaran firman tentang Yesus (“jalan Tuhan”). Lalu ada Akwila dan Priskila, suami istri Yahudi rekan pelayanan Paulus yang melayani bersama Paulus di Korintus dan juga bersama berangkat ke Efesus. Apolos seorang yang berani dan cakap mengajar. Tetapi masalahnya ia belum mengetahui kebenaran firman secara lengkap. Dalam hal ini, Akwila dan Priskila, membawa Apolos ke rumah mereka dan menjelaskan kebenaran firman. Kita perlu belajar dari bagaimana Akwila dan Priskila bersikap dalam menghadapi saudara seiman. Mereka melihat kebaikan dalam diri Apolos, walaupun ada kekurangannya. Dan mereka berusaha mengisi kekurangan itu.

Pertanyaan :

    Siapakah Apolos yang disebutkan dalam bacaan ini? Siapakah Akwila dan Priskilla?

    Apakah kelebihan dan kekurangan Apolos?

    Bagaimana Akwila dan Priskilla menyikapi kondisi Apolos? Seberapa mereka sudah mengenal Apolos?

    Pernahkah kamu mengalami ada saudara seiman yang melakukan kesalahan? Bagaimana kamu bersikap?

Author


Avatar