02/2020 Februari, 2020 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

SURGA DI BUMI (1)

Dua macam dasar

7:24 “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

7:25 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.

7:26 Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir.

7:27 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

Matius 7:24-27

Perikop yang kita baca hari ini menutup sejumlah pengajaran Yesus yang biasa disebut sebagai khotbah di bukit. Yesus sudah mengajarkan banyak hal dalam khotbah-Nya. Dan banyak orang yang mendengarkan Dia. Yesus menutup khotbah-Nya dengan menjelaskan bahwa hidup orang yang sudah mendengar pengajaran-Nya akan dibedakan dari bagaimana orang merespons ajaran-Nya.

Yang merespons dengan melakukan ajaran Kristus, seperti membangun rumah di atas batu karang; sebaliknya yang tidak melakukan seperti membangun rumah di atas pasir. Kedua macam orang dengan dua macam respons ini memiliki banyak kesamaan. Keduanya membangun rumah dan keduanya mengalami tantangan serupa.

Demikian pula kita, kita dapat memilih untuk taat atau pun tidak taat kepada perintah-Nya. Apa pun pilihan kita, kita sedang membangun “rumah” kehidupan kita. Dan pada suatu saat, kita pasti mengalami tantangan. Tantangan akan membuat perbedaan, apakah kita akan hancur atau tetap teguh berdiri.

Mari kita mulai dari “saya”, dengan memilih untuk taat kepada perintah-Nya. Kita akan sungguh membangun sorga di bumi.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Dalam perumpamaan ini apa hal yang sama yang dilakukan oleh kedua orang tersebut?
    2. Dan apa yang sama yang dialami oleh kedua orang itu?
    3. Sebaliknya apa perbedaan yang dilakukan dan yang dialami oleh mereka?
    1. Hari – hari ini sudahkah saudara mulai menjalankan misi Bapa dalam diri saudara? Atau saudara hanya sekedar mendengarkan dan merenungkan saja?
    2. Coba evaluasi kembali kebenaran apa yang sudah saudara taati lebih lagi dalam seminggu terakhir!
    3. Datanglah kepada Bapa dengan rendah hati untuk minta agar saudara terus bertumbuh dalam ketaatan!
    1. Buatlah komitmen untuk muali membangun ketaatan dalam hidup saudara, tanpa kompromi!
    2. Akuilah kalau masih ada keraguan dan kebimbangan untuk taat sepenuhnya; akuilah kepada keluarga dan teman komunitas sepakat saudara!
    3. Mulailah saling membangun dan memperkatakan perkataan iman bahwa saudara mampu taat oleh iman Kristus!

Topik Doa:

Mari kita mendukung dalam doa bagi keadaan yang berhubungan dengan kesehatan pada hari-hari ini.

Author


Avatar