02/2020 Februari, 2020 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

SURGA DI BUMI (7)

5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,

5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.

Efesus 5:15-19

3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Kolose 3:16-17

Kalau kita perhatikan, ayat-ayat bacaan hari ini adalah ayat-ayat yang mendahului perintah Tuhan terkait peran kita di dalam keluarga maupun peran kita sebagai hamba dan tuan/ pemimpin.

Mari kita perhatikan bahwa ternyata kita diperintahkan untuk bertanggung jawab menjalankan peran kita, sangat berkaitan dalam hidup kita yang dipenuhi / dipimpin oleh Roh Kudus. Berkaitan dengan hidup yang mengandalkan Tuhan. Berkaitan dengan kehidupan bersama di dalam Kristus yang saling merendahkan diri dan saling membangun.

Kalau kita mau berhasil dalam menjalankan peran-peran ini, kita harus hidup bergantung kepada Tuhan, melekat kepada Tuhan, menggunakan iman Kristus. Bahkan kita harus hidup dalam komunitas yang saling merendahkan diri satu sama lain. Hidup saling menjaga satu sama lain. Mari kita hidup mengandalkan Tuhan, hidup dengan iman Kristus, mulai dari “saya”. Hidup dalam komunitas yang saling bertanggung jawab, saling menjaga.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Perhatikan, setelah ayat-ayat bacaan hari ini, apa yang diajarkan Paulus?
    2. Hal-hal apa yang harus kita lakukan?
    3. Apa kaitannya perintah-perintah-Nya dan perintah tentang tanggung jawab kita yang kita baca di hari-hari kemarin?
    1. Selama ini bagaimana saudara hidup mengandalkan Tuhan? Apa yang sudah saudara lakukan dan belum lakukan dari perintah hari ini?
    2. Dengan siapa saudara biasa melakukan proses saling membangun? Dari yang sudah saudara lakukan seminggu ini bersama teman saudara; apakah ada peningkatan dalam ketaatan saudara kepada Firman Tuhan?
    3. Apa yang mau saudara lakukan lebih lagi bersama dengan teman komunitas sepakat saudara?
    1. Kalau saudara belum memiliki teman sepakat; berdoa dan betindaklah agar saudara dapat hidup saling menjaga.
    2. Ceritakan komitmen saudara dalam membangun keterbukaan dengan teman sepakat saudara! Dan apa yang saudara mau lakukan untuk menolong teman sepakat saudara dapat semakin bertumbuh.
    3. Berdoalah untuk teman sepakat saudara, dengarkan apa yang Tuhan mau sampaikan kepada teman saudara! Sampaikan apa yang saudara dapat dengan hati yang sungguh mengasihi dia!

Topik Doa:

Bersyukur dan bersyukurlah bagi keadaan kota dan bangsa kita

Author


Avatar