01/2020 Januari, 2020 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-1, RENUNGAN

TAAT PERCAYA KESEMBUHAN

Yesus menyembuhkan ibu mertua Petrus dan orang-orang lain

8:14 Setibanya di rumah Petrus, Yesuspun melihat ibu mertua Petrus terbaring karena sakit demam.

8:15 Maka dipegang-Nya tangan perempuan itu, lalu lenyaplah demamnya. Iapun bangunlah dan melayani Dia.

8:16 Menjelang malam dibawalah kepada Yesus banyak orang yang kerasukan setan dan dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit.

8:17 Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: “Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.”

MATIUS 8:14-17

53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

YESAYA 53:3-5

Dalam kitab Injil yang ditulisnya, Matius menceritakan bagaimana Yesus menyembuhkan banyak orang yang menderita sakit; lalu kemudian Matius mengutip dari kitab Yesaya 53, “Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.”

Ketika kita mengalami sakit, kita perlu mengingat dan percaya kepada Firman Tuhan ini, “Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.” Saat ada berbagai pikiran lain, bahwa Dia tidak mau kita sembuh, ataupun mukjizat sudah tidak berlaku lagi dan lain-lain; kita arus membuang pikiran itu.

Kita pegang dan terus menanam (memperkatakan) secara terus menerus sesuai dengan Firman Tuhan bahwa Ia yang menanggung penyakit kita. Dalam memberikan kesembuhan, Tuhan tetap bisa menggunakan proses lewat ilmu pengetahuan, secara kedokteran barat ataupun ilmu pengetahuan lainnya. Tuhan bisa tetap pakai obat-obatan, terapi karena semua berasal dari Tuhan. Tetapi sumber kesembuhan kita yang tidak berubah adalah Yesus Kristus.

Mari kita terus berpegang teguh pada Firman-Nya yang tidak berubah. Dan dengan mentaati perintah-Nya kita senangkan Tuhan.

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apa yang terjadi ketika Yesus tiba di rumah Petrus?
    2. Siapa yang kemudian dibawa kepada Yesus?
    3. Apa isi dari Yesaya 53:3-5 yang sebagian dikutip oleh Matius?
    1. Apakah ada sakit atau kelemahan tubuh yang sedang / masih saudara alami hari ini?
    2. Apakah saudara percaya, Tuhan sudah menanggung dan sedang/sudah memberikan kesembuhan kepada saudara? Apa yang membuat saudara bimbang?
    3. Datang dan sembahlah Bapa! Pandanglah Dia sebagai Bapa yang sedang memberikan yang terbaik bagi saudara! Buanglah perkataan yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Terimalah kesembuhan tanpa bimbang lagi!
    1. Apa yang mau saudara lakukan setelah saudara alami kesembuhan total?
    2. Tetaplah menanamkan Firman Tuhan sesering mungkin! Senangkan Tuhan dengan kita hidup sesuai dan taat kepada Firman Tuhan.
    3. Ceritakan iman saudara dan apa yang saudara alami kepada keluarga dan kompak saudara!

Topik Doa:

Berdoalah bagi gereja Tuhan agar berfungsi sesuai dengan apa yang Tuhan telah nyata.

Author


Avatar