04/2019 April, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-1, RENUNGAN, TOGA

THE EVIL TARGETS THE LONELY ONE

Only God who is enough to satisfy our loneliness.
(Unknown)

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah agar Roh Kudus menuntun kita dalam membaca dan merenungkan Firman supaya kita menemukan support system yang tepat dalam hidup kita.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Kemenangan orang Israel melawan orang Amalek

17:8 Lalu datanglah orang Amalek dan berperang melawan orang Israel di Rafidim.

17:9 Musa berkata kepada Yosua: “Pilihlah orang-orang bagi kita, lalu keluarlah berperang melawan orang Amalek, besok aku akan berdiri di puncak bukit itu dengan memegang tongkat Allah di tanganku.”

17:10 Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit.

17:11 Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.

17:12 Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.

17:13 Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.

17:14 Kemudian berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Tuliskanlah semuanya ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan, dan ingatkanlah ke telinga Yosua, bahwa Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan kepada Amalek dari kolong langit.”

17:15 Lalu Musa mendirikan sebuah mezbah dan menamainya: “Tuhanlah panji-panjiku!”

17:16 Ia berkata: “Tangan di atas panji-panji TUHAN! TUHAN berperang melawan Amalek turun-temurun.”

Keluaran 17:8-16

REFLECTION

  1. Hal apakah yang terjadi pada saat itu? (Ayat 8-10)
  2. Hal apakah yang terjadi ketika Musa mengakat dan menurunkan tangannya? (Ayay 11)
  3. Hal apakah yang terjadi pada Musa? Apakah yang dilakukan oleh Harun dan Hur kepada Musa? (Ayat 12)
  4. Hal apakah yang terjadi kepada Israel? (Ayat 13-16)

DEVOTION

Harun dan Hur adalah orang-orang yang menjadi support system dalam hidup Musa. Support system adalah orang-orang yang siap menopang kita di saat kita mengalami kelemahan di dalam hidup kita. Mereka adalah orang-orang yang selalu bersedia untuk “stand-by” bagi kita, siap menolong bahkan siap menanggung segala sesuatu yang sedang kita hadapi, siap menasehati dan menegur kita di saat kita salah. Penting bagi kita untuk menemukan dan menentukan siapakah support system kita.

Dua support system yang penting untuk kita miliki adalah pemimpin rohani dan komunitas. Pemimpin rohani merupakan payung rohani yang berjaga-jaga atas diri kita, ia melindungi diri kita secara spirit supaya kita terus menerus mengalami pertumbuhan. Payung rohani tidak terlihat secara kasat mata tetapi begitu terasa secara spirit perlindungannya. Orang-orang yang tidak memiliki pemimpin/ pembina rohani pasti tidak akan mengalami pertumbuhan iman. Ia terus akan terombang ambing dan jatuh bangun di dalam dosa dan kekalahan.

Selain pemimpin rohani, komunitas juga merupakan support system yang sangat penting dalam hidup kita. Milikilah komunitas yang benar di dalam komsel atau teman kompak (peer group) yang terus saling mengingatkan, menjaga, menasehati dan menopang disaat kita lemah. Tanpa memiliki support system kita pasti tidak akan mengalami kemenangan.

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Siapakah pemimpin dan teman peer (kompak) yang menjadi support system dalam hidup kamu? Tentukanlah dengan diskusi pada pemimpinmu apabila kamu belum memilikinya!
  2. Ceritakan dalam jurnalmu hal apakah yang Tuhan nyatakan kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Kepada siapakah saya akan membagikan rhema yang saya dapatkan hari ini? Bagaimanakah caranya?

Author


Avatar