06/2019 Juni, 2019 – Meditasi Firman, Meditasi Firman, Minggu ke-3, RENUNGAN

TOMAS PERAGU YANG BERTOBAT

Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya

20:19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”

20:20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

20:21 Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus.

20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Yesus menampakkan diri kepada Tomas

20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.

20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”

20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”

20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”

20:28 Tomas menjawab Dia: “Ya Tuhanku dan Allahku!”

20:29 Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Yohanes 20:19-29

Dalam bacaan ini kita membaca bagaimana Tomas tidak ada bersama murid-murid Yesus yang lain ketika Yesus menunjukkan diri-Nya setelah bangkit dari kematian. Dan ketika murid-murid yang lain menceritakan hal itu, Tomas menjawab dengan keras dan tidak percaya. Dalam pikirannya, ia tidak bisa menerima bahwa Yesus bisa bangkit dan hidup kembali.

Kemudian Yesus menemui murid-murid-Nya sekali lagi dan secara khusus mengatakan kepada Tomas agar ia percaya. Tomas kemudian percaya setelah melihat bukti. Dari hal ini kita bisa belajar bahwa ada hal-hal di luar logika pikiran kita yang bisa dilakukan oleh Tuhan. Iman tidak selalu sesuai pikiran kita yang sangat terbatas.

Tomas, menurut sejarah, diduga menjadi martir di India. Ia meninggal sebagai misionaris yang berani bertindak. Ia tidak lagi dikenal sebagai peragu. Bagaimana dengan kita, apakah kita masih sering meragukan Firman-Nya?

Pertanyaan :

(Tuliskan jawaban saudara dalam bentuk “jurnal”)
    1. Apa yang dialami murid-murid yang tidak dialami Tomas?
    2. Sebaliknya, apa yang kemudian dilakukan khusus oleh Yesus bagi Tomas?
    3. Apakah pesan Yesus bagi kita yang tidak bisa melihat Yesus secara langsung?
    1. Selama ini dalam hal apa saudara masih meragukan Tuhan dan Firman-Nya?
    2. Pernahkah saudara mengalami bahwa apa yang saudara ragukan itu ternyata benar? Apa yang kemudian terjadi dengan iman saudara?
    3. Datanglah kepada Bapa, mintalah Dia mengingatkan saudara akan keraguan yang masih ada di dalam saudara! Akuilah dan mintalah pertolongan Bapa agar saudara bisa menang atas semua keraguan!
    1. Hal apakah yang mau saudara lakukan agar saudara menang atas semua keraguan?
    2. Ceritakan dan diskusikan apa yang saudara alami melalui meditasi ini kepada keluarga dan kompak saudara!

Topik Doa:

Bersyukurlah atas anugerah keselamatan yang sudah diberikan di dalam hidup saudara.

Author


Avatar