07/2019 Juli, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-3, RENUNGAN, TOGA

WHAT PEOPLE DO SHOWS WHAT THEY ARE

You will know these people because of what they do. Good things don’t come from people who are bad, just as grapes don’t come from thornbushes, and figs don’t come from thorny weeds

Matthew 7:16 (ERV)

M1

MENERIMA FIRMAN

Berdoalah supaya Roh Kudus memenuhi kedalaman hati kita sehingga kita dapat terus menanti-nantikan Tuhan dan penggenapan janji-Nya untuk kita.

M2

MERENUNGKAN FIRMAN

Hal pengajaran yang sesat

7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?

7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.

7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.

7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.

7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

Matius 7:15-23

REFLECTION

  1. Apa yang perlu kita waspadai? (Ayat 15) Bagaimana cara kita mengenalinya? (Ayat 16-20)
  2. Bagaimana kita dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga? (Ayat 21-23)

DEVOTION

Pengajaran sesat adalah pengajaran yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Yesus tidak mementingkan apa yang ada di luar kita, tapi Dia mengutamakan kedalaman hati kita. Apa yang tersembunyi di hati kita, setiap dosa dan kejadi- an-kejadian yang kita sembunyikan, kedalaman kita, itulah yang Yesus ingin kita akui supaya Ia bisa. Tetapi seringkali kita mengikuti orang-orang Farisi, mereka hanya mementingkan apa yang ada di luar, apa yang mereka lakukan dan dilihat oleh orang lain, tetapi mereka tidak benar-benar menghidupi Firman, berjumpa dengan Bapa dan memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan. Orang yang sungguh-sungguh mengejar keserupaan dengan Kristus adalah orang yang terus membangun apa yang tidak terlihat karena yang tidak terlihat merupakan hal yang kekal – “Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah semen- tara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.” (2 Korintus 4:18) Untuk mengenali orang-orang yang bersungguh hati terhadap Tuhan, kita cukup melihat dari buahnya saja. Karena orang yang terus menerus membangun manusia rohnya, pasti akan berbuah dan buahnya pasti baik. Bangunlah keinti- man kita dengan Bapa sehingga kita mengenal Dia dengan baik karena pada hari-hari terakhir, yang tidak tergoncangkan oleh dunia ini hanyalah pengena- lan kita akan Kristus.

M3

MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN
  1. Ceritakan dalam jurnalmu suara Roh Tuhan yang berbicara kepadamu hari ini! (rhema/ perintah/ dosa/ janji)
  2. Tuliskan dan praktekan bagaimana langkah untuk kamu hari ini membangun manusia rohanimu!

M4

MEMBAGIKAN FIRMAN KRISTUS

Ceritakanlah insight yang kamu dapatkan hari ini dan buatlah komitmen kepada pemuridmu untuk kamu menjadi semakin kuat dalam rohmu untuk mengerjakan hal yang tak kelihatan!

Author


Avatar