10/2019 Oktober, 2019 Toga, Daily Devotion, Minggu ke-3, RENUNGAN, TOGA

WHO AM I? I AM LIGHT IN THE LORD

PRAY & WORSHIP

Tuhan rindu untuk kita dapat berjalan dalam terang, ceritakanlah isi hatimu kepada Tuhan sebelum kamu menerima Firman hari ini, datanglah kepada Tuhan dengan ucapan syukur dan penyembahan!

REFLECTION

Pelayanan untuk pendamaian

5:11 Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan, karena itu kami berusaha meyakinkan orang. Bagi Allah hati kami nyata dengan terang dan aku harap hati kami nyata juga demikian bagi pertimbangan kamu.

5:12 Dengan ini kami tidak berusaha memuji-muji diri kami sekali lagi kepada kamu, tetapi kami mau memberi kesempatan kepada kamu untuk memegahkan kami, supaya kamu dapat menghadapi orang-orang yang bermegah karena hal-hal lahiriah dan bukan batiniah.

5:13 Sebab jika kami tidak menguasai diri, hal itu adalah dalam pelayanan Allah, dan jika kami menguasai diri, hal itu adalah untuk kepentingan kamu.

5:14 Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati.

5:15 Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

5:16 Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian.

5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

5:18 Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.

5:19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.

5:20 Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

2 Korintus 5:11-21


  1. Berdasarkan pengajaran yang telah kita baca sebelumnya, siapakah kita di dalam Kristus?
  2. Supaya apakah Kristus telah mati untuk semua orang? (Ayat 15)
  3. Siapakah kita di dalam Kristus? (Ayat 17A)

DEVOTION

Setiap kita yang berada di dalam Kristus adalah ciptaan yang baru, yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. Ketika kita terus-me- nerus membawa jiwa kita menyadari kebenaran ini, maka tujuan hidup kita bukan lagi hidup untuk diri sendiri, tetapi untuk Tuhan. Kalau sebelumnya hidup kita dipimpin oleh ego, sekarang kita tidak lagi membiarkan diri kita dipimpin oleh ego. Kita belajar mengenali hal-hal yang digerakkan oleh ego semata dan mana yang memang dipimpin oleh Roh, mengapa? Karena kita mengerti siapa kita di mata Tuhan. Firman Tuhan mengatakan kalau kita ini adalah ciptaan yang baru, artinya kita meninggalkan perbuatan lama kita dan menggantikannya dengan melakukan firman Tuhan sebagai gaya hidup cipta- an baru.

CHALLENGE

Temukan dan ceritakanlah setiap self-talk yang salah yang tidak sesuai dengan firman Tuhan kepada teman kompakmu, lalu temukan firman Tuhan sebagai kebenaran untuk menggantikan setiap self-talk yang salah tersebut!

SHARE

Ceritakan kepada teman kompakmu rhema yang telah kamu dapatkan hari ini untuk dilakukan!

Author


Avatar