08/2019 Agustus, 2019 KEGA Anak, KEGA, KEGA Anak, Minggu ke-2, RENUNGAN

Yohanes Yang Dikasihi

13:21 Setelah Yesus berkata demikian Ia sangat terharu, lalu bersaksi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku.”

13:22Murid-murid itu memandang seorang kepada yang lain, mereka ragu-ragu siapa yang dimaksudkan-Nya.

13:23 Seorang di antara murid Yesus, yaitu murid yang dikasihi-Nya, bersandar dekat kepada-Nya, di sebelah kanan-Nya.

13:24 Kepada murid itu Simon Petrus memberi isyarat dan berkata: “Tanyalah siapa yang dimaksudkan-Nya!”

13:25 Murid yang duduk dekat Yesus itu berpaling dan berkata kepada-Nya: “Tuhan, siapakah itu?”

13:26 Jawab Yesus: “Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti, sesudah Aku mencelupkannya.” Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot.

13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: “Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera.”

13:28 Tetapi tidak ada seorangpun dari antara mereka yang duduk makan itu mengerti, apa maksud Yesus mengatakan itu kepada Yudas.

13:29 Karena Yudas memegang kas ada yang menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan itu, atau memberi apa-apa kepada orang miskin.

13:30 Yudas menerima roti itu lalu segera pergi. Pada waktu itu hari sudah malam.

19:25 Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena.

19:26 Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!”

19:27 Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.

Yohanes 13: 21-30, 19: 25-27

Penjelasan :

Murid yang dikasihi Yesus ini adalah Yohanes. Yohanes adalah orang yang sangat dikasihi Yesus dan dekat kepada Yesus. Saat perjamuan malam, Yohanes bersandar dekat kepada Yesus. Di saat murid-murid lain kabur karena takut ditangkap, Yohanes dengan berani mendampingi Yesus. Ketika Yesus disalib, Yohanes menjadi satu-satunya murid Yesus yang tercatat ada di bawah salib Yesus. Bahkan Yohanes dipercayakan untuk menjaga Maria, ibu Yesus. Yohanes digerakkan untuk bertindak benar karena kasih di dalam hatinya. Hari ini, kita juga memiliki kasih Tuhan di dalam hati kita. Tapi apakah kita juga tergerak untuk melakukan yang benar seperti Yohanes?

Pertanyaan :

  1. Dalam perjamuan malam itu, apa yang dilakukan oleh murid yang dikasihi Yesus?
  2. Dan apa yang dilakukan oleh Yesus kepada murid yang dikasihi itu?
  3. Apa isi percakapan Yesus dengan murid itu waktu Yesus disalibkan?

Author


Avatar